3

Maret
2022

Kanwil Kemenag Banten dan BKKBN Sinergi Bangun Ketahanan Keluarga dan Cegah Dini Stunting

KEMENAG BANTEN - Kanwil Kemenag Banten dan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menjalin kerja sama dalam program membangun ketahanan keluarga dan pencegahan generasi stunting.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Nanang Fatchruchman didampingi oleh Plt. Kasi Kepenghuluan dan Fasilitas Keluarga Sakinah Kemenag Banten, Ahmad Mufasir di Ballroom Hotel Horison Pandeglang, Selasa 22 Maret 2022.

Program ketahanan keluarga dan pencegahan generasi stunting tersebut akan dilakukan melalui kegiatan bimbingan perkawinan (Binwin) yang ada di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan.

Turut hadir Wakil Gubernur Banten yang diwakili oleh ASDA 1 Pemprov Banten, Septo Kalnadi dan Deputi Bidang KB-KR BKKBN yang diwakili oleh Yuda Ganda Putra, Sekertaris Perwakilan BKKBN Provinsi Banten. 

Dalam sambutannya, menyampaikan dalam hal ini merupakan upaya untuk mewujudkan keluarga yang hidup dalam lingkungan yang sehat 

"Penguatan Komitmen dan peran pemerintah pusat dan Daerah serta mitra kerja dalam peningkatan akses, kualitas Pelayanan, Penggerakan Program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting," katanya.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten menyambut baik dan sangat antusias dengan mendukung program tersebut dengan harapan bisa memberikan hasil yang baik, secara kelembagaan maupun institusional. (Humas)

0

Januari
2022

Kakanwil Kemenag Banten Lantik 41 Kepala KUA

SERANG - Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Nanang Fatchurochman melantik 41 kepala Kantor Urusan Agama (KUA) di Aula Kemenag Provinsi Banten, Senin 10 Januari 2022.

Dalam arahannya, Nanang mengatakan bahwa sebagai seorang aparatur sipil negara (ASN), mutasi dan rotasi merupakan hal yang wajar dan biasa dilakukan untuk penyegaran institusi.

"Sebagai PNS, ini sebagai bentuk penyegaran kita untuk meningkatan kinerja yang lebih baik lagi demi marwah institusi Kemenag," kata Nanang.

Nanang menilai, KUA merupakan garda terdepan dan miniatur Kemenag di tingkat kecamatan, bahkan KUA merupakan lembaga dan institusi Kemenag yang paling dibutuhkan masyarakat.

"Bekerjalah dengan sebaik-baiknya, tugas sebagai penghulu juga sebagai kepa KUA, bukan sebatas menikahkan saja, tapi banyak hal, salah satunya sebagai garda terdepan dalam memberikan pemahaman agama kepada umat," ujarnya.

Terlebih, Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas saat ini tengah mencanangkan revitalisasi KUA, yang mana peran KUA sangat dibutuhkan masyarakat.

"Pelayanan KUA bukan hanya stau agama saja, tapi untuk semua agama. KUA sebagai corong dakwah yang menyejukkan bagi umat beragama, khususnya di Banten," ucapnya.

Nanang juha nerpesan kepada kepala KUA yang baru dilantik untuk menjadi teladan yang baik di tempat barunya dengan memberikan penguatan moderasi beragama kepada masyarakat.

"Jadilah teladan yang baik di lingkungan masing-masing, mari berikan penguatan moderasi beragama kepada masyarakat kita, KAU harus direvitalisasi dan memberikan pelayanan kepada semua umat beragama," pungkasnya. (Humas)

6

September
2021

Serah Terima Sertifikat Tanah untuk Asrama Haji Banten dari Walikota Tangerang, Bapak Arief R Wismansyah kepada Kanwil Kemenag P

Alhamdulillah, Pada hari, Senin (30/08/2021) telah dilaksanakan serah terima Sertifikat Tanah untuk Asrama Haji Banten dari Walikota Tangerang, Bapak Arief R Wismansyah kepada Kanwil Kemenag Provinsi Banten. Semoga ini menjadi keberkahan seluruh Masyarakat Provinsi Banten, tidak lupa pula saya meminta do'a dari seluruh masyarakat Provinsi Banten agar Kanwil Kemenag Provinsi Banten selalu diberikan kekuatan untuk terus menjaga kerukunan umat beragama. Saya berharap kita semua tetap saling bersatu, mencintai tanah air, Mengimplementasikan Toleransi dan menjaga Pancasila, UUD 1945 serta Bhinneka Tunggal Ika.

6

Agustus
2021

Pembagian Izin Operasional Madrasah Baru

Alhamdulillah, Empat Puluh SK dan Piagam Pendirian Izop untuk Madrasah baru, Tiga Puluh SK dan Piagam Pendirian Izop Perpanjangan, dengan total keseluruhan Tujuh Puluh SK dan Piagam Pendirian Izop Madrasah, baru saja selesai dibagikan, Pada Rabu (25/08/2021).

Terimakasih untuk seluruh Madrasah yang hadir dalam kegiatan pembagian tersebut.

Saya menghimbau untuk seluruh Madrasah yang belum mempunyai atau membuat SK dan Piagam Pendirian Izop, mari segera diselesaikan, karena pembuatan SK dan Izop tidak dikenakan biaya atau Gratis.

Semoga setelah dibagikannya SK dan Piagam Pendirian Izop yang baru atau perpanjangan, Madrasah yang ada di wilayah Provinsi Banten bisa lebih maju lagi.

+