Keterangan Foto : Wakili Menag, Dirzawa Launching Wakaf Produktif

Wakili Menag, Dirzawa Launching Wakaf Produktif

Pulau Panjang, Bimas Islam - - Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Tarmizi Tohor, mewakili Menteri Agama melaunching Wakaf Produktif berupa perahu nelayan program Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten di Pulau Panjang, Kabupaten Serang, Banten, Selasa (5/10).

Direktur mengatakan, peluncuran Wakaf Produktif di Pulau Panjang merupakan edukasi kepada masyarakat bahwa wakaf produktif bisa dilakukan di mana saja dan sesuai dengan kondisi di lapangan.

“Kondisi di tengah laut seperti ini wakaf produktif yang cocok adalah perahu yang digunakan nazir untuk mencari ikan dan hasil penjualannya bisa dimanfaatkan untuk masyarakat sekitar,” katanya saat memberikan sambutan di Pulau Panjang, Selasa (10/05).

Direktur juga menyatakan, wakaf produktif merupakan solusi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Karena, saat ini wakaf produktif terbukti menjadi solusi mengatasi kemiskinan di Indonesia.

“Semoga nazir dapat mengolah aset wakaf sebaik-baiknya agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat Pulau Panjang,” ujarnya.

Selain itu, Direktur berpesan kepada nazir diperbolehkan mengambil 10 persen dari hasil pengelolaan harta benda wakaf agar nazir dapat bekerja secara full.

“Saat ini masih banyak nazir yang belum paham kalau di dalam Undang-undang wakaf No. 41 Tahun 2004 Pasal 12, nazir dapat menerima imbalan dari hasil bersih atas pengelolaan dan pengembangan harta benda wakaf yang besarnya tidak
melebihi 10% (sepuluh persen),” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Prov. Banten, Nanang Fatchurochman berharap program Wakaf Produktif tidak hanya di Pulau Panjang, namun ke seluruh wilayah yang membutuhkan di Provinsi Banten.

“Saya ingin program ini berjalan di seluruh wilayah Provinsi Banten agar manfaat wakaf dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat,” tuturnya.

Nanang menyatakan, saat ini fokus mengembangkan wakaf produktif traktor untuk wilayah perdesaan, wakaf produktif perikanan lele, wakaf produktif pertanian, wakaf produktif air bersih, dan warung wakaf.

Peluncuran Wakaf Produktif dihadiri oleh Lurah Pulau Panjang, Misnain; Kepala Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf (Kabid Penaiszawa), Ubik Baehaqie; dan Kepala Seksi Pemberdayaan Wakaf Kanwil Kemenag Banten, Asep Sunandar.