Keterangan Foto : -

Targetkan Medali Kompetisi Sains Nasional 2021, MAN 2 Kota Serang Optimis lolos ke Tingkat Nasional

Targetkan Medali Kompetisi Sains Nasional 2021, MAN 2 Kota Serang Optimis lolos ke Tingkat Nasional

Wajah-wajah ceria dan bersemangat terlihat ketika tim Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten meliput persiapan  siswa yang terpilih  mewakili MAN 2 kota Serang pada ajang Kompetisi Sains Nasional ( KSN ) pada tahun 2021 ini. Si Kembar Muhammad Ibrah Nuchiyah dan Muhammad Abir Nuchiyah yang biasa disapa Abir dan Ibrah mewakili peserta lain menargetkan tahun ini lolos ke level nasional dan meraih medali. Ketika ditanya bagaimana persiapannya, Ibrah mengakui tidak mempunyai kiat khusus. Hanya saja untuk persiapan even ini lebih meningkatkan porsi belajar namun tetap menyeimbangkan antara belajar, istirahat dan bermain agar fisik dan mental tetap sehat. Sementara Abir sang kakak, mengakui menyukai bintang-bintang sehingga memilih mata lomba Astronomi pada KSN tahun ini berbeda dengan tahun lalu yang mengikuti mata lomba Matematika. Tak lupa di akhir perbincangan singkat, si kembar turut memotivasi siswa madrasah di seluruh Banten agar jangan pernah patah semangat, walaupun gagal tetap mencoba lagi, perbanyak cari informasi serta jangan lupa berdoa.

Pembina Olimpiade MAN 2 Kota Serang, Sri Apriatni berharap kelak apabila siswa lolos ketingkat nasional adanya pembinaan khusus dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten agar para siswa lebih matang dan teruji.

Berbeda dengan Kompetisi Sains Madrasah ( KSM ) yang dihelat oleh Kementerian Agama dan hanya diikuti siswa Madrasah, Kompetisi Sains Nasional (KSN) diselanggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan diikuti oleh sekolah keagamaan dan sekolah umum. KSN dilakukan secara rutin setiap tahunnya untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik, memfasilitasi bakat dan minat untuk mencapai prestasi terbaik peserta didik di bidang sains. Dan juga ditujukan untuk melakukan penjaringan dan pembinaan kepada calon peserta Kompetisi Tingkat Internasional.

Pada tahun ini KSN-P tahun 2021 mengusung tema "Sains Pulihkan Negeri" , dengan mencakup bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.