Keterangan Foto : Siswa MTsN 2 Pandeglang Sabet Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM)

Siswa MTsN 2 Pandeglang Sabet Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM)

Labuan,- Siswa MTsN 2 Pandeglang kembali mengharumkan nama MTsN 2 Pandeglang dengan meraih juara umum pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) jenjang MTs/SMP Tingkat Kabupaten Pandeglang 2021. Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan kompetisi tahunan berskala nasional yang rutin diselenggarakan oleh Kementerian Agama yang berjenjang dari  MI/SD, MTs/SMP dan MA/SMA dari tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional yang diikuti oleh seluruh madrasah dan sekolah baik negri dan swasta se-Indonesia. Pelaksanaan KSM tahun ini dimulai dari seleksi tingkat kabupaten pandeglang yang dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2021 silam. MTsN 2 Pandeglang berhasil menyabet gelar juara umum KSM jenjang MTs/SMP dengan memenangkan seluruh kategori yang dilombakan, yang pelaksanaannya untuk tahun ini dilaksanakan secara online.

Pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) jenjang MTs/SMP tahun ini, MTsN 2 Pandeglang mengirimkan perwakilannya yang terdiri dari beberapa siswa kelas 9 dan 8 yang berhasil lolos seleksi yang diadakan oleh tim KSM MTsN 2 Pandeglang untuk berkompetisi dengan ratusan siswa lain dari MTs/SMP baik negeri maupun swasta se-kabupaten Pandeglang. Terdapat 3 kategori perlombaan untuk jenjang MTs/SMP, yaitu kompetisi Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi dan IPS Terpadu Terintegrasi.

Pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) jenjang MTs/SMP Tingkat Kabupaten Pandeglang, MTsN 2 Pandeglang yang diwakili oleh Ananda Bilqis Khaerunisa dari kelas 9J berhasil menyabet juara ke-1 dalam kompetisi Matematika Terintegrasi. Ananda Nazwa Salsabila dari kelas 8J juga berhasil menyabet juara ke-1 dalam kompetisi IPA Terpadu Terintegrasi dan siswa MTsN 2 Pandeglang juga berhasil meraih juara ke-3 kompetisi IPS Terpadu Terintegrasi yang diwakili oleh Ananda Dhiya Fakhira dari kelas 8J.

Pada perlombaan KSM ini, para peserta ditantang untuk menyelesaikan soal keseluruhan materi yang dikaitkan dengan mata pelajaran kompetisi yang terintegrasi dengan Pendidikan Agama Islam (PAI), Bahasa Arab dan Bahasa Inggris diuji secara mendalam. Dengan keberhasilan siswa MTsN 2 Pandeglang menyabet berbagai juara pada setiap kategori perlombaan, tahun ini MTsN 2 Pandeglang keluar sebagai juara umum dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) jenjang MTs/SMP Tingkat Kabupaten Pandeglang 2021.

Para perwakilan peserta KSM siswa MTsN 2 Pandeglang ini mengakui bahwa kemenangan ini juga berkat dukungan dan kerja keras dari berbagai pihak, seperti Kepala Madrasah MTsN 2 Pandeglang, Bapak H.Abdul Hakim, S.Pd.I, Seluruh PKM atau Wakil Kepala Madrasah MTsN 2 Pandeglang serta seluruh dewan guru MTsN 2 Pandeglang sebagai pembimbing dalam mempersiapkan siswa untuk siap dalam mengikuti lomba KSM tingkat kabupaten Pandeglang, dengan memberikan bimbingan belajar secara khusus untuk mendalami materi pelajaran baik itu Matematika, IPA, IPS, PAI, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris jauh sebelum perlombaan KSM dimulai.

Kepala Madrasah MTsN 2 Pandeglang, Bapak H.Abdul Hakim, S.Pd.I. juga menyampaikan bahwa "Kami harap kemenangan ini tidak menjadikan kita cepat berpuas diri, mengingat perjuangan kami masih panjang untuk mengikuti perlombaan KSM tingkat Provinsi Banten yang akan diselenggarakan pada tanggal 20 September 2021 nanti”. Persiapan para siswa juga harus lebih dioptimalkan untuk menghadapi perlombaan KSM tingkat provinsi Banten ini, karena akan menghadapi para pesaing dari seluruh madrasah dan sekolah baik negri dan swasta dilingkungan provinsi Banten.

Besar harapan kami dari MTsN 2 Pandeglang untuk dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi pada perlombaan KSM tingkat Provinsi Banten, dengan semangat yang tinggi dari para siswa peserta lomba KSM serta kerja keras, dukungan dan doa dari seluruh keluarga besar MTsN 2 Pandeglang, semoga kita bisa meraih prestasi yang terbaik..Aamiin