Penyuluh Agama Diimbau Bantu Sosialisasikan Prokes

SERANG - Guna menekan penyebaran covid-19 di Provinsi Banten penyuluh agama di  Banten dimbau ikut membantu mensosialisasikan Protokol Kesehatan (Prokes) kepada masyarakat. Hal itu diungkapkan Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto usai berkunjung ke Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten Kamis, (18/2). 

Menurut jenderal bintang dua tersebut peran penyuluh agama yang berada di bawah naungan Kementerian Agama sangat penting dalam memberikan penyuluhan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan kepada masyarakat. Sehingga kesadaran masyarakat di Banten dalam menerapkan prokes bisa meningkat. Apalagi dalam waktu dekat pada tanggal 27 Rajab ada Perayaan Isra Miraj. Sehingga diharapkan penyuluh agama bisa berperan aktif melakukan sosialisasi mencegah terjadinya kerumunan masyarakat.
Ditambahkan Kapolda, dalam Sosialisasi Prokes ini  dirinya juga meminta kepada para guru madrasah dan guru agama di kampung untuk turut serta bersama para penyuluh agama dalam mensosialisasikan prokes kepada masyarakat.  Tentang pentingnya mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Sehingga kesadaran masyarakat dalam penerapan prokes bisa meningkat.


Sementara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Banten H. Ahmad Bazari Syam mengatakan, Kanwil Kemenag Banten siap bersinergis dengan program kerja yang digagas Kapolda Banten, terutama terkait program dalam menghadapi pandemi covid-19. Untuk itu, dirinya siap melibatkan seluruh penyuluh di Banten  dan dibantu seluruh kekuatan Kementerian Agama di semua komponen guna mendukung program kapolda banten tersebut.

Ditambahkan Bazari,  jumlah penyuluh agama di Banten ada 1.700 lebih penyuluh. Jumlah tersebut termasuk penyuluh agama muslim dan non muslim. Bahkan, untuk menekan laju pertambahan kasus covid-19 di Banten, dalam waktu dekat dirinya akan mengeluarkan instruksi kepada penyuluh agama agar melakukan edukasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan. Karena masalah pandemi covid-19 ini adalah masalah yang cukup serius bagi bangsa ini khususnya Provinsi Banten. (*)

Kementerian Agama RI
Kantor Wilayah Provinsi Banten

Website Resmi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten

Telepon
: (0254) 8480080
Fax
: (0254) 8480083
Email
: banten@kemenag.go.id
Alamat
: Jln. Syech Nawawi Al-Bantani Blok Instansi Vertikal No.01 KP3B Curug Kota Serang - Banten
Lokasi
Map Google