Pengurus APRI Banten Dikukuhkan

SERANG – Tugas penghulu dituntut melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain sebagai jabatan profesi, penghulu juga harus mengedepankan profesionalitas dalam melaksanakan tugasnya. Hal itu dikatakan Kepala Kanwil Kemenag Banten H Bazari Syam usai mengukuhkan  pengurus Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Wilayah Banten masa bakti 2020-2024 di Aula Kanwil Kemenag Banten Selasa, (29/12). 

Dijelaskan Bazari, Kementerian Agama sebagai instansi pembina diberi amanah untuk memberikan pembinaan kepada penghulu. Baik itu, jabatannya maupun organisasi profesinya. Untuk itu, pihaknya meminta penghulu untuk selalu meningkatkan pelayanan dan menjaga kode etik profesi. Karena sukses tidaknya program Kementerian Agama ada di tangan penghulu. 

Dalam kesempatan itu, Bazari juga menyampaikan APRI yang merupakan wadah organisasi penghulu dituntut mampu meningkatkan SDM penghulu dan melakukan inovatif dalam memberikan pelayanan dan bimbingan nikah atau rujuk, pengembangan kepenghuluan dan bimbingan masyarakat islam kepada masyarakat. Tentunya dengan mengikuti perkembangan zaman.

Sementara itu Ketua APRI Wilayah Banten H. Komar mengatakan, jumlah penghulu di Banten sebanyak 304 orang. Semuanya masuk menjadi anggota APRI. Adapun program kerja prioritas yang dilakukan kedepan diantaranya meningkatkan kualitas SDM penghulu di Banten. Selain itu, banyak penghulu yang kesulitan naik golongan dalam mengumpulkan angka kredit sebagai pegawai fungsional ASN.


Dalam pengukuhan ini juga dihadiri perwakilan pengurus APRI pusat, Kabid Urais Kanwil Kemenag Banten H Ade Baijuri dan Analis Kebijakan Ahli Muda Pada Seksi Bina Lembaga Dan Sarana Prasarana KUA serta Informasi Urusan Agama Islam Bidang Urusan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten H. Mupasir. (*)

Kementerian Agama RI
Kantor Wilayah Provinsi Banten

Website Resmi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten

Telepon
: (0254) 8480080
Fax
: (0254) 8480083
Email
: banten@kemenag.go.id
Alamat
: Jln. Syech Nawawi Al-Bantani Blok Instansi Vertikal No.01 KP3B Curug Kota Serang - Banten
Lokasi
Map Google