PEMBINAAN PENINGKATAN KOMPETENSI SDM BKM KEMENAG KABUPATEN TANGERANG

TANGERANG - Dalam rangka meningkatkan kualitas SDM Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) di Wilayah Kabupaten Tangerang, Seksi Bimbingan Masyarakat (BIMAS) Kantor Kemenag Kabupaten Tangerang memberikan pembinaan peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) "Mewujudkan Kemakmuran dan Standarisasi Masjid".

Turut hadir Drs. H. Dedi Mahfudin, M.Si. Kepala KanKemenag Kabupaten Tangerang, didampingi Seksi Bimas Pudin Saefudin, S.Pd.I, MM., Hary Wiyono, S.kom, H. M. Syarifudin, S.H. sebagai moderator, Indah Ruqoyah K, SAP sebagai pembawa acara dan diikuti seluruh perwakilan Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Se-Kabupaten Tangerang di Aula Kemenag Kabupaten Tangerang, pada Selasa (16/02).

Dalam acara tersebut dihadirkan dua narasumber, yang pertama Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Tangerang H. Iskandar Nordat, MM. dengan materi “Manajemen Masjid”. Kedua Wakil Ketua DMI Kabupaten Tangerang H. Ozi Syaerozi HS. dengan materi “Kemakmuran Masjid”.

Dalam materinya Ketua DMI H. Iskandar menyampaikan era globalisasi ini, manajemen masjid menjadi tantangan para pengurus yang sangat perlu diperhatikan, seperti adanya tujuan masjid, jama’ah, pemimpin jama’ah, kerjasama antara pengurus dan pemimpin, serta adanya pola/sistem dalam melaksanakan fungsi manajemen.  

H.Iskandar menyampaikan, “Di era global banyak khutbah yang mengkhatirkan yang butuh bimbingan sehingga masjid butuh dimanajemen, jama’ah, pemimpin dan juga pengurusnya.”

Lanjut, Dalam pembinaannya H. Iskandar menambahkan fungsi masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah mahdhah (ibadah langsung kepada Allah SWT) seperti shalat, majelis, tadarus tetapi juga pusat ibadah sosial, mengelola zakat, wakaf, membangun Ukhuwah Islamiyah, melaksanakan kurban, dan membantu peningkatan ekonomi umat. Dengan  demikian  setiap  orang muslim  merasa  memiliki  masjid tersebut dan  merasa  mendapat naunganyang  sangat  bermanfaat.

H. Iskandar menambahkan, “Masjid tidak hanya difungsikan sebagai tempat ibadah mahdhah yang langsung ke Allah SWT, shalat, majelis, tadarus akan tetapi fungsi masjid juga sebagai wadah pembinaan umat, ada zakat, kurban, dan meningkatkan ekonomi melalaui kegiatan yang berbasis masjid. ”

Dalam materi kedua tentang kemakmuran masjid, K.H. Syaerozi menyampaikan bahwa kita tidak hanya memakmurkan masjid tetapi juga mengisinya seperti apa yang telah dicontohkan para Nabi-nabi, Tabi’in dan Sahabat, bahwa masjid sebagai pusat kebudayaan Islam, tempat ibadah, dan majelis ta’lim. Dan hal ini menjadi awal sejarah yang dipikirkan Nabi mengapa masjid harus diutamakan.

Wakil Ketua DMI, K.H. Syaerozi mengatakan, “Bukan saja memakmurkan masjid tetapi juga mengisi apa yang pernah Nabi-nabi, para Tabiin, para Sahabat dan sebagainya memang masih menjadi sebagai pusat kebudayaan Islam, tempat ibadah, majelis ta’lim, dan sebainya kegiatan, dan ini sejarah awal kenapa yang dipirkan oleh nabi waktu itu adalah masjid yang didahulukan.”

Sehingga diharapkan pembinaan manajemen dan kemakmuran masjid dapat tercapai, yakni memahamkan warga tentang sistem Islam, meningkatkan peran warga di masjid, mempererat ikatan yang sudah terbentuk, terbentuknya masyarakat yang madani (civil society/beradab).

 

(Inmas Kemenag Kabupaten Tangerang)

Kementerian Agama RI
Kantor Wilayah Provinsi Banten

Website Resmi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten

Telepon
: (0254) 8480080
Fax
: (0254) 8480083
Email
: banten@kemenag.go.id
Alamat
: Jln. Syech Nawawi Al-Bantani Blok Instansi Vertikal No.01 KP3B Curug Kota Serang - Banten
Lokasi
Map Google