Pegawai Kemenag Diminta Tingkatkan Pelayanan Keagamaan

SERANG - Kanwil Kemenag Banten meminta kepada seluruh pegawai di Lingkungan Kanwil Kemenag Banten agar meningkatkan pelayanan keagamaan.  Sehingga Kemenag ke depan menjadi ‘Kemenag Baru’ yang antara lain dicirikan dengan sistem dan layanan berbasis teknologi digital yang lebih praktis sekaligus solutif. Untuk itu Kanwil Kemenag Banten siap mendukung program kerja menteri agama dan siap menjadi garda terdepan dalam pelayanan umat beragama di Banten.

Menurut Kepala Kanwil Kemenag Banten H. Bazari Syam saat menyampaikan petikan sambutan Menteri Agama pada peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia Ke 75 Selasa, (5/1). Semangat Kemenag baru dapat diterjemahkan dengan tiga kata kunci. Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik. Termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan Haji dan Umrah/ Pendidikan Agama dan Keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan. 
Dijelasjkan Bazari, peringatan HAB ke 75 ini mengusung tema Indonesia rukun, tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Sebba, tanpa kerukunan akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia. Untuk itu Kemenag Banten siap mendukung sikap toleransi antarumat beragama di Banten.
Peringatan HAB ke 75 di Lingkungan Kanwil Kemenag Banten ini juga digelar upacara, pemberian pengahrgaan satya lancana karya satya kepada pegawai di lingkungan Kanwil Kemenag Banten, kemudian dirangkaikan dengan soft launching Pusat Literasi Keagamaan (Puslika) di Masjid Al-Ikhlas Kemenag Banten, launching infaq masjid online, dan dilanjutkan dengan kegitan istighosah yang dipimpin KH. Ariman Anwar Pengasuh Ponpes Pondok Pesantren Nurul Anwar Lopang, Kota Serang.

Sementara itu Kabid Urais Kanwil Kemenag Banten H Ade Baijuri mengatakan, launching Pusat Literasi Keagamaan (Puslika) ini secara nasional baru hadir di Kanwil Kemenag Banten. Keberadaan Puslika ini merupakan perpustakaan literasi keagamaan. Sehingga dengan hadirnya Puslika ini diharapkan menjadi referensi untuk masyarakat dalam menambah wawasan keagamaan. 

Puslika ini juga dikelola oleh Relawan Literasi Keagamaan Indonesia (Religi) dengan memiliki 3.165 buku dengan 920 judul buku. Selain juga disediakan fasilitas perpustakaan online dan offline. (*)

Kementerian Agama RI
Kantor Wilayah Provinsi Banten

Website Resmi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten

Telepon
: (0254) 8480080
Fax
: (0254) 8480083
Email
: banten@kemenag.go.id
Alamat
: Jln. Syech Nawawi Al-Bantani Blok Instansi Vertikal No.01 KP3B Curug Kota Serang - Banten
Lokasi
Map Google