Keterangan Foto : Siswa baru MTsN 1 Pandeglang sedang mengikuti hari pertama MATSAMA Daring, Senin (12/07)

MATSAMA MTsN 1 Pandeglang Dilaksanakan Secara Daring

Berdasarkan kalender pendidikan tahun pelajaran 2021/2022, bahwa tanggal 12 juli 2021 merupakan hari pertama masuk madrasah yang di awali dengan kegiatan masa ta'aruf siswa madrash (MATSAMA). Ini merupakan tahun kedua bagi MTsN 1 Pandeglang dalam melaksanakan MATSAMA yang dilakukan secara daring.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh kepala madrasah. Tati Jumiati dalam sambutanya menyampaikan : Bahwa hari ini ada 2 kegiatan yang akan dilaksanakan oleh perserta didik baru:

  1. Placement Test adalah tahap awal untuk memulai atau menentukan kelas yang hasilnya akan menentukan score yang terdapat dalam level program kelas. Kegiatan Placement Test ini bekerja sama dengan lembaga penyelenggara Psikotest Widyapratama.
  2. MATSAMA (masa ta'aruf siswa madrasah) merupakan kegiatan pengenalan lingkungan madrasah terhadap  didik baru.

Melalui kegiatan inilah, para peserta didik baru akan dikenalkan mengenai sistem pembelajaran, ciri khas , karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah sehingga keberadaan dari MATSAMA ini akan turut menentukan berhasil atau tidaknya seluruh proses pembelajaran di madrasah pada masa selanjutnya.

Untuk itulah seluruh rangkaian kegiatan MATSAMA harus lebih bersifat edukatif, mampu menumbuhkan kreatifitas dan inovasi kepada para peserta didik. Sehingga dalam pelaksanaanya memberikan sebuah pengalaman yang menyenangkan.

Kegiatan MATSAMA untuk siswa kelas VII dilaksanakan selama 3 hari, sedangkan untuk kelas VIII dan kelas IX, diisi oleh wali kelas masing-masing dengan materi perkenalan individual siswa yang didampingi oleh wali siswa, agar terjalin komunikasi yg baik antara siswa dengan wali kelasnya juga antara wali siswa dengan wali kelasnya. Hari berikutnya menyusun struktur kelas, membuat komitmen kelas, untuk disepakati dan dilaksanakan dengan baik.

Ketika seluruh komponen madrasah dan para wali siswa dapat bekerjasama dengan baik, maka akan begitu mudahnya program madrasah dapat dilaksanakan. Tidak seorangpun punya kemampuan untuk melakukan sesuatu dengan sempurna, tapi setiap orang diberi banyak kesempatan untuk melakukan sesuatu yang benar. A1717T