Keterangan Foto : Suasana sosialisasi SE Menag di KUA Karangtanjung.

KUA Kecamatan se-Kabupaten Pandeglang Massif Sosialisasikan SE Menag

Pandeglang (Humas) – Sehari usai mendapat instruksi untuk menyosialisasikan penyelenggaraan Idul Adha dalam rapat dinas tetap (Radintap), Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan di Kabupaten Pandeglang segera menindaklanjuti instruksi tersebut dengan mengadakan sosialisasi di wilayah kerja masing-masing. 35 KUA Kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang secara serentak menggelar sosialisasi mulai Rabu (14/07/2021) hingga menjelang dilaksanakan takbiran dan shalat Idul Adha.

Sesuai hasil Radintap, materi sosialisasi adalah Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 16 Tahun 2021 tentang Juknis Penyelenggaraan Malam Takbiran, Shalat Idul Adha dan Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M di Luar Wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, SE Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam  Takbiran, Shalat Idul Adha dan Juknis Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M di Wilayah PPKM Darurat serta SE Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang Nomor 451.1/131-Adm.Kesra/2021 tentang Juknis Penyelenggaraan Malam Takbiran, Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban Tahun 2021 M./1442 H. di Wilayah Kabupaten Pandeglang.

Di KUA Kecamatan Karangtanjung, sosialisasi dilaksanakan Rabu (14/07/2021) di Balai Nikah KUA Karangtanjung dengan menghadirkan para Penyuluh Agama Islam (PAI) non PNS, perwakilan Forum Silaturrahmi Pondok Pesantren (FSPP) dan tokoh masyarakat setempat. Selain sosialisasi, Kepala KUA Kecamatan Karangtanjung H. Achmad Fatherius juga membentuk Satgas Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Takbiran, Shalat Hari Raya Idul Adha dan Pemotongan Hewan Qurban di wilayah KUA Kecamatan Karangtanjung.

“Delapan PAI non PNS yang bertugas di wilayah Karangtanjung kami jadikan ujung tombak untuk melakukan sosialisasi, pemantauan dan evaluasi shalat Hari Raya Idul Adha dan pemotongan hewan qurban. Mereka kami tugaskan melakukan sosialisasi di Kelurahan yang menjadi wilayah binaan masing-masing untuk memastikan masjid dan mushalla yang menyelenggarakan Idul Adha mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan,” jelas H. Fatherius.

Sementara itu, di KUA Kecamatan Pagelaran, selain dilaksanakan di Kantor KUA yang diikuti oleh PAI, sosialisasi juga dilaksanakan di Masjid Jami Al-Mukminin Kp. Tarogong Desa Margasana yang diikuti oleh pengurus DKM dan tokoh masyarakat. “Saat melakukan sosialisasi dan pemantauan, kami meminta PAI untuk melaporkan hasil kerja mereka secara online melalui portal lapor.kemenag.go.id,” jelas Rowi, Kepala KUA Kecamatan Pagelaran.

Kegiatan serupa dilaksanakan juga di KUA Kecamatan Cipeucang sejak Kamis (15/07/2021) yang diikuti oleh PAI, dilanjutkan dengan sosialisasi oleh PAI di wilayah binaan masing-masing. Di bawah komando Kepala KUA Kecamatan Cipeucang H. Masnun, para penyuluh itu dengan giat secara door to door mendatangi masjid, musholla dan majelis taklim untuk menyampaikan regulasi penyelenggaraan Idul Adha.