Kemenag Banten Terbitkan 100 Sertifikasi Halal

SERANG –  Sebanyak 100 Pelaku UKM di Banten mendapatkan sertifikat halal produknya melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Layanan Halal Daerah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten.
Pemberian sertifkat halal ini diberikan secara simbolis kepada 10 perwakilan pelaku usaha oleh Kepala Kanwil Kemenag Banten H. Bazari Syam dalam rangkaian Peringatan Hari Amala Bhakti Kementerian Agama ke 75 di Aula Kanwil Kemenag Banten, Selasam (5/1).

Menurut Bazari pemberian sertifikat ini guna menjamin kehalalan dan kualitas produk pelaku usaha tersebut. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten melalui Bidang Urusan Agama Islam (Urais) memberikan sertifikasi halal kepada 100 pelaku usaha di Banten. 


Di tempat yang sama, Kabid Urais Kanwil Kemenag Banten H Ade Baijuri menyampaikan, jaminan produk halal sekarang telah menjadi kewenangan Badan Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (BPJPH) dalam hal ini Kementerian Agama. Jika dahulu MUI yang mengeluarkan sertifikasi halal dan label halal pada produk tersebut, akan tetapi sekarang penerbitan sertifikasi halal tersebut harus pemerintah dalam hal Kementerian Agama.

Dijelaskan Ade,  proses tahapan dan kewenangan terkait sertifikasi halal sudah diatur dalam Peraturan Menteri Agama No 26 tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal. Ada tiga pihak utama yang berperan dalam layanan sertifikasi halal, yakni BPJPH, MUI dan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH). LPPOM MUI hanyalah salah satu dari Lembaga Pemeriksa.


Sementara Kasubsi Bimbingan Kerja Lapas Klas 2 A Serang Sukar salah satu penerima sertifikasi halal mengaku senang  produknya jahe merah instan Jails Lapas Serang mendapat sertifikat halal. Produk tersebut dibuat oleh warga binaan.  Mereka memproduksi jahe merah ini mulai dari penanaman jahe merah hingga diproduksi menjadi jahe merah instan. 

Hingga saat ini produk jahe merah tersebut dipasarkan di lapas-lapas di Indonesia. Bahkan produknya pun sudah masuk ke pusat oleh-oleh khas Banten yang ada di Kawasan Citra Gading. 

Senada dikatakan  Rafela salah satu pelaku UKM yang memproduksi Cheese Stick dan Makaroni Cheese yang ada di Tangsel ini mengaku senang produk makanan ringannya mendapatkan sertifikat halal. Ia pun berharap dengan adanya sertifikat halal ini produknya bisa merambah ke ritel-ritel yang ada di Banten
Sebagaimana diketahui, penerbitan sertifikat halal ini setelah adanya pengajuan dari pelaku usaha yang mengajukan permohonan dan mempersiapkan dokumen kepada Kanwil Kemenag Provinsi Banten melalui Bidang Urais. Dokumen tersebut diantaranya data pelaku usaha, nama dan jenis produk, proses pengolahan dan dokumen sistem jaminan halal. (*)

Kementerian Agama RI
Kantor Wilayah Provinsi Banten

Website Resmi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten

Telepon
: (0254) 8480080
Fax
: (0254) 8480083
Email
: banten@kemenag.go.id
Alamat
: Jln. Syech Nawawi Al-Bantani Blok Instansi Vertikal No.01 KP3B Curug Kota Serang - Banten
Lokasi
Map Google