Keterangan Foto : Sub Koordinator pada Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji Reguler Kanwil Kemenag Provinsi Banten, H. Saikho, S. Sos

393 Jemaah Haji 1443 H Berangkat 4 Juni 2022, Jadwal Kloter Jemaah Haji Asal Banten Menunggu dari Pusat

KEMENAG BANTEN - Sesuai dengan Rencana Perjalanan Haji (RPH) Kemenag RI, bahwa jemaah haji asal Indonesia akan diberangkatkan mulai 4 Juni 2022.

Demikian dikatakan oleh Sub Koordinator pada Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji Reguler Kanwil Kemenag Provinsi Banten, H. Saikho, S. Sos di ruang kerjanya, Jumat 20 Mei 2022.

"Untuk waktu pemberangkatan, sesuai RPH atau rencana perjalanan haji itu untuk kloter awal itu tanggal 3 Juni 2022, itu jemaah haji sudah masuk asrama haji, tanggal 4 Juni 2022 itu jemaah haji sudah mulai terbang ke Madinah," kata Saikho.

Meski demikian, Saikho mengatakan bahwa untuk kelompok terbang (kloter) pertama bagi jemaah haji di seluruh Indonesia, masih menunggu informasi dari Kemenag RI.

"Cuman sampai saat ini, untuk terkait jadwal kloter itu belum terbentuk, masih menunggu informasi dari Subdit Transportasi Kemenag RI," ujarnya.

Saikho mengatakan, untuk mekanisme penentuan kloter, akan ditentukan dengan cara Qur'ah atau pengundian yang akan digelar pada 23 Mei 2022 mendatang.

"Hari ini, tanggal 23 Mei 2022 itu baru akan diadakan Qur'ah (pengundian) bagi embarkasi seluruh Indonesia," ucapnya.

Dengan demikian, kata Saikho, sejauh ini pihaknya masih menunggu dari Kemenag RI untuk mengetahui jemaah haji asal Banten berangkat di kloter berapa.

"Untuk Banten dapat kloter berapa, ya nanti kita tunggu hasil dari rapat Qur'ah tersebut, nanti juga akan kami bagi kloter untuk kabupaten/ kota yang ada di Provinsi Banten ini dengan jumlah kloternya," kata Saikho. 

Selain itu, Saikho juga mengingatkan kepada para calon jemaah haji yang belum melunasi pembayaran, sebab hari ini, Jumat 20 Mei 2022 merupakan hari terakhir pelunasan.

"Pelunasan untuk jemaah haji per tanggal 17 Mei 2022 itu yang belum sekitar 357 lagi, kita terus koordinasi dengan Kemenag kabupaten/ kota untuk terus mengingatkan jemaahnya untuk melakukan pelunasan ke bank," pungkasnya.

Untuk diketahui, Provinsi Banten masuk ke dalam embarkasi Jakarta dengan total jemaah haji kloter pertama sebanyak 393 jemaah dengan rincian 388 jemaah haji dan 5 orang petugas haji. Sedangkan untuk total jemaah haji asal Banten sebanyak 4.319 jamaah. (Humas)