Wisuda Santri TKQ-TPQ Kota Tangerang Selatan Tahun 2018


BOGOR (Inmas_Tangsel) – Taman Pendidikan al-Qur`an (TPQ/TKQ) Kota Tangsel‎ pada Ahad (15/04/2018) menyelenggarakan Wisuda Santri TPQ/TKQ setelah dinyatakan lulus mengikuti ujian kompetensi Qiroatul Qur`an, bertempat di Pusdiklat Kemendikbud RI, Parung Bagor.

Acara dibuka oleh Walikota Tangerang Selatan, Hj. Airin Rachmi Diany, dan dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Tangsel, H. Abdul Rojak, Kasi Pakis Kemenag Tangsel, Muhammad Edi Suharsongko, Ketua Ikatan Pendidik Al-Qur’an (IPQ) Tangsel, Yusuf FHR, pengawas Kemenag Tangsel, Kesos Kecamatan Setu, dan para orang tua santri.

Dalam sambutannya, H. Abdul Rojak, menjelaskan bahwa salah satu tanda ghirah masyarakat Tangsel terhadap Al-Qur`an ditandai dengan antusiasme masyarakat Tangsel dalam mensukseskan kegiatan MTQ, baik di tingkat Kota Tangsel maupun tingkat Propinsi Banten. Hal ini terbukti sehingga kota Tangsel menjadi juara umum tiga kali berturut-turut.

Dirinya berharap, Kota Tangsel dapat mempertahankan juara umum untuk keempat kalinya secara berturut-turut pada MTQ XV yang digelar pada tanggal 16-19 April 2018.

“Kecintaan terhadap Al-Qur`an ini berimbas kepada pembinaan Al-Qur`an melalui TPQ/TKQ di Tangsel, terbukti wisuda santri TPQ/TKQ selalu mendapat dukungan besar dari masyarakat. Masyarakat Tangsel semangat menghidupkan Lembaga TPQ/TKQ yang merupakan semaian awal cikal bakal para pecinta Al-Qur`an,” ujarnya.

Kepala Kantor juga mengharapkan agar anak-anak diajarkan Al-Qur`an sejak dini, agar kelak menjadi generasi yang Qur`ani, yang cerdas, modern, dan religius.

Sementara itu, Ketua IPQ Tangsel, Yusuf FHR, dalam sambutannya menyampaikan agar ‎Pemkot Tangsel memberikan perhatian dan kepedulian kepada lembaga-lembaga Non Formal, TPQ, Diniyah, dan Pesantren.

Pada Perda Diniyah No.7 tahun 2014 yang telah ditetapkan Pemkot Tangsel, salah satu klosulnya disebutkan bahwa biaya pengembangan pendidikan diniyah (madrasah diniyah takmiliyah, pendidikan Al-Qur`an yang diselenggarakan masyarakat atau pondok pesantren) dibiayai oleh APBD Kota Tangsel.

Yusuf mengakui realisasi Perda Diniyah di Tangsel sudah terealisasi tapi masih perlu peningkatan. Dirinya berharap agar semua guru TPQ-TKQ, Madrasah Diniyah mendapat insentif tersebut, demikian pula hibah operasional lembaganya.

“Kami berharap agar Pemkot Tangsel memberi bantuan untuk para guru TPQ, Diniyah dan Pesantren, yang merupakan pejuang-pejuang Islam dalam mencetak generasi yang akan datang,” tandasnya.

Sementara itu, Walikota Tangel dalam sambutannya mewakili menyambut gembira dengan adanya wisuda santri TPQ/TKQ ini, dan memberikan apresiasi kepada IPQ.

Menjawab harapan dari ketua IPQ, Walikota menghimbau kepada pengurus IPQ Tangsel agar segera mengirim surat resmi mengajukan permohonan untuk mendapatkan insentif guru TPQ/TKQ dan hibah operasional lembaganya.

Sementara itu, Kasi Pakis, Muhammad Edi Suharsongko mengatakan bahwa menjadi tanggungjawab orangtua menjaga keturunannya untuk selalu mencintai Al-Qur`an agar menjadi generasi Qur`ani.

“Peran itu sebagian dipercayakan kepada para guru TPQ/TKQ, maka seharusnya orangtua menunjukkan kepeduliannya kepada kesejahteraan guru. Terlebih lagi bila mengingat besarnya tantangan kita dalam menghadapi kemajuan bidang IT, harus dipastikan kemajuan IT dibarengi dengan pendidikan nilai-nilai Qur`ani,” ungkapnya.

Kasi Pakis yang juga merupakan pembina TPQ-TKQ‎ sebagai bagian dari tusinya menyematkan topi wisuda kepada para santri. Selain membina Guru PAI, Madrasah Diniyah dan Pontren di Tangsel, tusi Pakis adalah mewujudkan kepedulian masyarakat Tangsel terhadap pusat-pusat Pendidikan Al-Qur`an.

“Kami terus mengupayakan agar masyarakat Tangsel dengan senang memasukkan anak-anaknya ke TPQ/TKQ, sebagai lembaga pendidikan yang akan menjadi pandasi untuk jenjang pendidikan berikutnya,” ujarnya.

Data akhir pada tahun 2017 tercatat sebanyak 590 TPQ/TKQ di Tangsel yang telah memiliki izin dan nomor statistik lembaga, dan sebanyak kurang lebih 3.500 pendidik menjadi penggiat TPQ/TKQ di kota Tangsel. (Fuay)

Sebelumnya Kepala Kantor Kemenag Tangsel Monitoring Pelaksanaan Hari Pertama USBN SMP
Selanjutnya DMI Tangsel Cabang Pondok Aren Adakan Pelatihan Manajemen Masjid