WALIKOTA : MTQ KE VIII TINGKAT KOTA SERANG SEBAGAI WUJUD SYIAR ISLAM


SERANG KOTA (Inmas Kota Serang)_ Sabtu (17/02/2018), Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke VIII Tingkat Kota Serang yang dilaksanakan pada tanggal 14 s/d 16 Februari 2018 telah berjalan dengan meriah dan lancar. Pada pelaksanaan MTQ kali ini didaulat sebagai tuan rumah yaitu Kecamatan Curug. Rangkaian acara MTQ dimulai dengan pawai ta’aruf yang diikuti ratusan ribu personil yang merupakan perwakilan dari Instansi Pemerintah dan masyarakat yang secara antusias mendukung kegiatan ini. Kementerian Agama juga turut serta memeriahkan pawai ta’aruf dengan mengikut sertakan 2.300 personil, diantaranya yaitu dari seluruh pegawai Kemenag Kota Serang, FSPP, FKDT, Madrasah Negeri dan Swasta, IGRA, MGMP PAI, Penyuluh Agama Islam, dsb. MTQ ke VIII tahun ini mengusung tema “Momentum aktualisasi Ajaran Al Quran dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam bingkai Kota Serang Madani”
Pelaksanaan MTQ dibuka oleh Walikota Serang, Tb.Khaerul Jaman, dan dihadiri oleh sejumlah SKPD yang ada di Kota Serang serta masyarakat Kota Serang. Dalam sambutannya Walikota mengemukakan bahwa MTQ tingkat Kota Serang merupakan ajang kompetisi untuk pelaksanaan MTQ berikutnya yaitu MTQ tingkat provinsi. Untuk itu perlu dipersiapkan peserta-peserta terbaik yang akan mewakili kota Serang yang diharapkan dapat membawa nama baik Kota Serang. “Dalam Moment pelaksanaan MTQ ini dapat kita petik banyak hikmah, diantaranya yaitu ukhuwah/silaturahmi, komitmen, jalinan kemitraan, kerjasama, sinergitas dengan seluruh elemen yaitu alim ulama, pemerintah, dan masyarakat yang diharapkan dapat terjaga dengan baik”, demikian lebih lanjut dikatakan oleh Walikota Serang.
Adapun yang meraih juara umum pada MTQ ke VIII ini yaitu Kafilah Kecamatan Kasemen. Dengan urutan peringkat dapat dirinci sebagai berikut :
– Peringkat Pertama kafilah Kecamatan Kasemen;
– Peringkat Kedua kafilah Kecamatan Walantaka;
– Peringkat Ketiga Kafilah Kecamatan Taktakan;
– Peringkat Keempat Kafilah Kecamatan Serang;
– Peringkat Kelima Kafilah Kecamatan Cipocok Jaya;
– Peringkat Keenam Kafilah Kecamatan Curug;
Serta untuk kategori pemenang dalam pawai ta’aruf, Kontingen dari Kementerian Agama Kota Serang mendapat predikat Kontingen pawai ta’aruf terfavorit.
Pada Ajang MTQ ini terdiri dari 24 cabang lomba, diantaranya yaitu MTQ dewasa, MTQ kanak kanak, Tafsir Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, Tahfidul Hadist, MMQ (Musabaqoh Menulis Makalah Qur’an), MSQ (Musabaqoh Syarhil Qur’an), dan MFQ (Musabaqoh Fahmil Qur’an).
Sebelumnya Kepala Kantor Kemenag Kota Serang, Machdum Bachtiar, dalam arahannya pada Rapat persiapan pawai Taaruf berpesan bahwa kegiatan MTQ merupakan ajang melestarikan dan membumikan Al Qur’an yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari hari, terutama nilai-nilai AlQur’an. Selama ini tidak ada keseimbangan antara nilai nilai Al Qur’an dan etos kerja sehari hari, sementara dimensi ajaran Islam sangatlah banyak, sehingga masih banyak yang perlu kita pelajari.
Ajang MTQ ini ditutup pula oleh walikota Serang dengan dipadati pengunjung yang antusias meramaikan perhelatan akbar ini. (Post by Ika).

Sebelumnya Taushiyah Bersama MUI dan Kanwil Kemenag Provinsi Banten Menyambut Pemilukada Tahun 2018
Selanjutnya Undangan Kompetisi The Scientific Miracles of the Quran and Sunnag for Woman Right