Wahidin: Jadikan MTQ Sebagai Motivasi Untuk Membebaskan Rakyat Banten dari Buta Al-Qur’an


SERANG (Inmas_Tangsel) – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XV tingkat provinsi Banten pada Senin malam (16/04/2018) resmi dibuka oleh Gubernur Banten, H. Wahidin Halim, bertempat di halaman masjid Albantani, KP3B, Serang, Banten.

Pembukaan MTQ XV ini dihadiri oleh gubernur dan wakil gubernur Banten, H. Wahidin Halim dan Andika Hazrumi, Sekda Provinsi Banten, para walikota/bupati, kepala Kemenag Kanwil dan Kabupaten/Kota, Ketua MUI, Ketua DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota se-provinsi Banten, ketua LPTQ pusat, propinsi, dan kabupaten/kota, para ulama dan tokoh masyarat, dan para pejabat di provinsi Banten. Tidak ketinggalan masyarakat ikut menyaksikan acara pembukaan ini.

MTQ XV tingkat provinsi Banten ini diikuti oleh 450 peserta, dan dewan hakim berjumlah 161 orang.

Peserta akan berlomba dalam 9 cabang, yaitu tilawah, tahfizh, tafsir, fahmil Qur`an, syarhil Qur`an, qiro`atul kutub, khatthul Qur`an, MMQ, dan hafalan hadits.

Dalam sambutannya, Gubernur Banten, H. Wahidin Halim, berharap MTQ tidak hanya menjadi seremonial semata. Akan tetapi peserta dapat memaknai MTQ sebagai syiar Islam yang dapat mengukuhkan ukhuwah Islamiyah.

“Saya berharap MTQ ini tidak hanya sekedar pesta dan seremonial belaka, tapi bisa menjadi syiar, dan menjadi motivasi untuk membebaskan rakyat Banten dari buta Al-Qur’an,” ujarnya.

Dirinya juga optimis Provinsi Banten dapat mempertahankan gelar juara umum pada MTQ Nasional yang akan digelar di Kota Medan, Sumatera Utara, Oktober mendatang.

“Saya optimistis kita dapat mempertahankan gelar juara umum seperti yang pernah diraih pada MTQ di Nusa Tenggara Timur (NTB). Tahun ini juga harus juara, awas kalau kita tidak menjadi juara. Tapi bukan juara yang memjadi prioritas, tapi syiarnya yang kita inginkan,” katanya.

Menurutnya, untuk meraih hasil yang maksimal dan bisa mempertahankan gelar juara, harus dimulai dari hakim yang adil.

“Saya berharap dewan hakim yang baru saja saya kukuhkan agar menjadi hakim yang adil, karena kalau tidak salah yang saya baca, dari tiga hakim hanya satu orang yang masuk surga sedangkan dua lainnya belum pasti,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Tangsel, H. Abdul Rojak berharap duta-duta dari Tangsel dapat menyumbangkan piala bagi kota Tangsel dalam MTQ ke-XV ini, sehingga Tangsel dapat mempertahankan juara umum untuk kelima kalinya.

Penyelenggaraan MTQ ke-XV tingkat provinsi Banten ini dipusatkan di kawasan KP3B Serang, Banten, dan akan berlangsung pada tanggal 16-19 April 2018. (Fuay)

Sebelumnya Pembukaan MTQ XV Tingkat Provinsi Banten Tahun 2018
Selanjutnya DENGAN SEMANGAT KARTINI KITA TINGKATKAN KEKUATAN PEREMPUAN SEBAGAI INSPIRASI PERUBAHAN MENTAL DAN KELUARGA