Siswa Madrasah Tidak Cuma Pintar Mengaji, Tapi Juga Piawai di Bidang Teknologi


DEPOK (Inmas_Tangsel) –  Dua siswa MTsN 1 Kota Tangsel meraih juara 3 pada kompetisi The Best Technologi Rancang Bangun Penanganan Bencana pada Madrasah Robotic 2018, yang diselenggarakan di Depok Town Squre. Kompetisi ini diikuti oleh 200 peserta tingkat MI sampai MA dari seluruh Indonesia, dibagi dua kategori, yaitu Robot Rescue dan Rancang Bangun Robot Bencana.

Dua Siswa MTsN 1 Kota Tangsel yaitu ananda M. Rasyid dan Budi Pramonom mengikuti Rancang Bangun Robot Bencana, yaitu dengan membuat projects Robot Pendeteksi Dini Longsor (PEDAL).

Rasyid sebagai ketua tem menjelaskan bahwa cara kerja Pedal adalah dengan menanam sensor Tilt (kemeringan) di lereng atau bukit yang mempunyai potensi longsor dan di bawahnya ada rumah penduduk.

“Jika terjadi longsor, maka sensor mengirim sigyal ke mikrokontroler yang akan membunyikan sirine (buzzer) dan speaker (pengeras suara) untuk segera melakukan evakuasi diri dan selanjutnya palang otomatis yang dipasang di pinggir jalan menutup jalan sehingga kendaraan bermotor tidak bisa lewat. Hal ini dapat menghindari korban jiwa,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa alat ini sangat bisa diaplikasikan di daerah-daerah yang sering terjadi longsor karena biaya untuk membuat alat ini relatif murah yaitu sebesar Rp. 183.800. Alat ini dibuat dengan basic arduino Uno.

Prestasi siswa MTsN Kota Tangsel ini sekaligus melengkapi prestasi-prestasi dalam bidang Robotik, baik Nasional maupun Internasional. Semoga bisa mengispirasi madrasah-madrasah lain untuk berprestasi. Madrasah Hebat, Madrasah Bermartabat. (Fuay)

Sebelumnya Perkemahan Rohis Siswa SMA/SMK Tingkat Nasional III Tahun 2018
Selanjutnya Silaturrahim Presiden Jokowi Dengan Ulama, Tokoh Agama, dan Pimpinan Pondok Pesantren se-Tangsel