SEKSI HAJI DAN UMROH KEMENAG KOTA SERANG SELENGGARAKAN BIMSIK HAJI TINGKAT KOTA DAN PEMBINAAN KARU/KAROM TAHUN 2018


SERANG KOTA (Inmas Kota Serang)_ Seksi Haji dan Umroh Kemenag Kota Serang selenggarakan kegiatan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota Serang (Kamis, 05 Juli 2018) dan Kegiatan Pembinaan Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom) Tingkat Kota Serang (Jumat, 06 Juli 2018) bertempat di Aula Masjid Raya Albantani Kawasan KP3B Kota Serang.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan sosialisasi dan pembinaan bagi para calon jemaah haji di Kota Serang yang akan diberangkatkan tahun ini, dengan mengusung tema “Menggapai Haji Mabrur, melalui bimbingan manasik haji yang terukur”. Menurut Ketua Panitia Kegiatan, Kokom Komariah, jumlah calon jeamah haji murni kota serang tahun ini berjumlah 840 orang, sementara yang akan diberangatkan berjumlah 904 orang melalui 3 kloter, yaitu kloter 20, kloter 38, dan kloter 44.

Kegiatan Bimbingan Manasik Haji ini dibuka oleh Wakil Walikota Serang, Sulhi Choir dan diisi oleh 4 (empat) narasumber. Salah satu narasumber yang memberikan materi, yaitu Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Bazari Syam, mengatakan bahwa persiapan bagi jemaah haji bukan hanya secara administratif saja, tetapi juga persiapan mental dan fisik. “Kita harus berikhtiar secara maksimal untuk menghindari persoalan yang mungkin ada, dan biasanya secara adminstratif mungkin sudah siap, tetapi terkadang ada masalah yang muncul terkait mental dan fisik, kondisi kesehatan harus dapat terdeteksi secara dini, luruskan niat, budayakan hidup sehat, dan patuhi semua aturan” demikian pesan dan materi yg disampaikan oleh Kakanwil.

Sementara itu dalam pembinaan Karu/Karom, dikatakan oleh Deni Rusli sebagai Kasi Pembinaan Haji dan Umroh kanwil Kemenag Provinsi Banten, bahwa kunci sukses seorang karu/karom yaitu memiliki semangat yang tinggi, bahagia, berilmu, beretika/berakhlak, dan bersifat evaluatif. Kegiatan ini lebih memfokuskan pada tugas dan fungsi Karu/Karom dalam mendampingi jamaah haji khususnya jeamaah haji Kota Serang.
Kedua kegiatan ini berjalan lancar dan ditutup dengan ucapan terima kasih dari panitia atas dukungan semua pihak dan antusiasme para calon jemaah dalam mengikuti kedua kegiatan ini. (Posted by Ika)

Sebelumnya TalkShow Merajut Kerukunan Antar Umat Beragama di Tangsel dan Banten
Selanjutnya MIN 2 Kota Tangsel Adakan Raker 2018