Seksi Bimas Islam Kemenag Kota Serang Selenggarakan Bimbingan Pra Nikah


SERANG KOTA (Inmas Kota Serang)_Sebagai upaya pembinaan dan pelestarian perkawinan, Kantor Kementerian  Agama Kota Serang melalui Seksi Bimas Islam selenggarakan bimbingan pra nikah kepada 100 orang peserta. Acara yang dipusatkan di aula gedung PSBB MAN 2 Kota Serang tersebut mengusung tema “Membentuk Kehidupan Rumah Tangga Berakhlak Mulia, Sakinah, Mawaddah dan Rahmah”.

Dalam laporannya, Syahbudin menyampaikan, sebagai upaya pemerintah dalam mensukseskan program pembekalan keluarga sakinah kepada calon pengantin, Kementerian Agama Kota Serang perlu menyelenggarakan kegiatan bimbingan pra nikah untuk membekali dan mempersiapkan calon pengantin dalam mengarungi kehidupan rumah tangga yang penuh dengan lika liku.

Mewujudkan keluarga yang harmonis dan kokoh perlu ikhtiar sungguh-sungguh, terlebih lagi pada pasangan perempuan dan laki-laki akan akan menghadapi mahligai rumah tangga. Oleh karena itu, mereka perlu persiapan matang dan pengetahuan yang cukup tentang bagaimana mewujudkan keluarga bahagia, memupuk kesadaran bersama, serta mampu mengatasi berbagai tantangan baik eksternal maupun internal.

Sementara dalam sambutannya, Kepala Subag TU Kankemenag Kota Serang Kosasih mengatakan, peran serta pemerintah dalam upaya pembinaan dan pelestarian perkawinan kepada calon pengantin maupun keluarga yang tengah menjalani kehidupan rumah tangganya  telah dilakukan sejak tahun 1977 dimana telah berdiri sebuah badan yang menangani urusan pra dan pasca nikah yaitu BP4. Keberadaan organisasi BP4 sangat mendukung program-program yang dicanangkan pemerintah dalam membangun gerakan keluarga sakinah.

Dikatakan Kosasih, menjadi jeluarga yang kokoh merupakan salah satu pilar terpenting dalam pembangunan sumber daya manusia sesuai dengan cita-cita luhur bangsa. Dengan demikian, negara ini akan kuat manakala dipengaruhi oleh keluarga yang kuat, mampu mengatasi berbagai persoalan baik kecil maupun besar serta menjadi tumpuan masa depan bangsa.

jadi, masa depan bangsa yang sesungguhnya terletak di atas kekuatan pondasi keluarga. Melalui institusi keluargalah, pembangunan manusia yang sesungguhnya dilakukan, terang Kosasih.

Saya berharap kepada seluruh peserta calon pengantin, ikutilah pembekalan ini secara tuntas, pelajari dan pahami materi-materi yang disampiakan oleh fasilitator. Semoga menjadi bekal yang cukup bagi pasangan muda-mudi dalam mengarungi roda kehidupan rumah tangga. Demikian papar Kosasih.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kegiatan ini dibagi menjadi dua yaitu bimbingan untuk angkatan I dan bimbingan untuk angkatan II. Masing-masing angkatan dijadwalkan mulai pukul 08.00 WIB dan selesai pukul 13 00 WIB dengan waktu yang berbeda.

Para pemateri dibagi berdasarkan jadwal dengan metode yang digunkan adalah curah pendapat, diksusi kelompok dan presentasi.

Dengan pola tersebut, Kepala Seksi Bimas Islam Hudari selaku penganggung jawab kegiatan menginginkan agar pelaksanaan kegiatan bimbingan pra nikah benar-benar diserap oleh para peserta dan memohon kepada para peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini sampai selesai, terang Hudari.

Mudah-mudahan, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, dan berharap kepada para calon pengantin setelah mengikuti kegiatan ini semoga mampu mengarungi bahtera rumah tangga yang akan dihadapinya, demikian katanya. (Yoeds)

Sebelumnya Kepala Kemenag Beri Pembekalan Kepada Pengurus IPHI Kota Serang
Selanjutnya RAKERDA IPHI KOTA SERANG HASILKAN AGENDA KERJA