Rapat Koordinasi Dan Halalbihalal Kakankemenag Kota Cilegon


Cilegon (Inmas Kemenag Kota Cilegon) – Pejabat esselon III dan IV serta seluruh ASN di lingkungan Kankemenag Kota Cilegon, Kamis      ( 13/7 ) berkumpul di aula Kantor Kemenag Kota Cilegon Jl. Sukabumi II Kav. Blok I Ciwedus Cilegon Banten untuk melaksanakan Rapat Koordinasi dan evaluasi Pembinaan Pegawai serta Halalbihalal di lingkungan Kankemenag Kota Cilegon. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor H. Mahmudi, Kassubbag. Tata Usaha H. Muhiyi, Kasi Penma Hj. Titim Fatimah, Kasi Bimas Islam H. Isomudin, Penyelengara syari’ah H. Dedi Suryadi, Penyelenggara Haji dan Umroh H. Untung, Pokjaluh, Pokjawas, seluruh Kepala KUA, Kepala MAN 1, Kepala MAN 2, Kepala MTs N 1, 2, 3 dan seluruh ASN di lingkungan Kankemenag Kota Cilegon.

Kepala Kantor  H. Mahmudi dalam pembinaan pegawai mengatakan : “ Ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian secara khusus wacana akhir-akhir ini yang berkembang yakni: Kepastian tidak adanya pungutan biaya bagi siswa baru/peserta didik, Kejelasan menejemen keuangan di Madrasah antara Koperasi Sekolah; Keuangan Sekolah/Madrasah dan Komite Madrasah, Pelaksanaan Madsama/PLS tidak bertentangan dengan peraturan yang sudah ada, Kedisiplinan kehadiran pegawai ( temuan inspektorat ) khususnya bagi penyuluh, Panismen bagi pegawai yang indisipliner/ merekayasa daftar kehadiran ( pinjer ) diserahkan langsung ke Kasubbag. Tata Usaha untuk menangani, Up date informasi  ( Permendikbud No 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah /PLS ).“ Mahmudi menambahkan: “ Ma’af selama memimpin ada hal hal yang kurang berkenan sebagai manusia biasa ini waktu yang tepat untuk saling membukakan pintu ma’af.”

Kepala Subbag. Tata Usaha Kankemenag Kota Cilegon H. Muhiyi yang memimpin jalannya rapat koordinasi juga memberikan kesempatan kepada masing-masing Kasi/ penyenggara untuk melaporkan/menginformasikan kegiatan di masing-masing unit kerja.

Kasi Bimas Islam H. Isomudin, lebih menekankan pada himbauan untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama dalam menginput data ( NK ); laporan NR yang masih terlambat; Laporan bulanan; Setroran pelaksanaan nikah yang manual     ( temuan ); BOP; Akte Cerai yang tidak ditandatangani dan stempel; Pernikahan kurang 10 hari rekomendasi dari Bapak Camat ( Boleh ); kursus calon pengantin          ( anggaran )  setiap hari selasa; pembangunan KUA SBSN KUA Gerogol tahun 2018 KMA No 426 tahun 2017 Tentang Pedoman Jabatan Penyuluh ( inpassing ); Lahan KUA untuk Ciwandan dan penjelasan tugas dan tanggungjawab Kepala KUA; Pembinaan Penyuluh Non PNS.

Penyelenggara Haji dan Umroh H. Untung mengimformasikan tentang pemberangkatan Jemaah haji tahun 2017 untuk Kota Cilegon dibagi dalam tiga kloter yakni Tanggal 11 Agustus 2017 (kloter 30) ; 19 Agustus 2017 (Kloter 47) dan Kloter Gabungan tanggal 22 Agustus 2017. Himbauan bagi jemaah dan petugas Haji bagi ASN/PNS yang belum membuat ijin Cuti untuk segera bagi petugas maupun Jemaah Haji. Pemeriksaan Kesehatan  Jemaah di Puskesmas Pembantu Ramanuju tanggal 18 s.d. 20 Juli 2017

Kasi Penma Hj. Titim Fatimah, menginformasikan program KSM tingkat Nasional dan Aksioma di Jogyakarta tanggal 7-12 Agustus 2017 ( MTQ tingkat MTs dan MA serta Matematika ). Kompetensi Guru berprestasi; Pengawas; Pustakawan dan Laborat berprestasi; Carman dan Zatty bersama Kasi Penma Kankemenag Kota Cilegon menghadap ke Kabid. Penma Kanwil; Harapan untuk laporan dari masing-masing Saker sebelum dan sesudah PPDB; Realisasi TPG dan PIP setiap tri wulan laporan; ada monitoring PPDB ( Kepala Kantor ); Auditor TPG dan PIP ke Madrasah ke masing-masing Satker; Program penambahan 12 jam bagi Kepala Lab. dan Wakamad dalam pemenuhan 24 jam mengajar; Absensi/daftar hadir/infal; berkas setiap 6 bulan sekali, harapan tidak ada temuan dari auditor irjen.

Penyelenggara Syari’ah H. Dedi Suryadi menutup kesempatan penyampaian informasi tentang pengukuran arah Kiblat adalah wewenang dari Tim Kementerian Agama baik dari Kota dan Kanwil; tanah wakaf yang tidur supaya dapat dimanfa’atkan sebagai lahan hidup ( produktif ) sesuai dengan UU N0. 41 Tahun 2004 tentang Wakaf.

Dalam sesi tanya jawab ada 3 penanya/peserta rapat yakni: Ibu Zatty ( Pokjawas ) memberikan masukkan untuk penentuan hari MGMP baik bagi MTs maupun dari MA, Kepala KUA Citangkil H. Hollilurohman mohon kejelasan pendampingan dari Kanwil Kasus Perselisihan Makam balung dan Pokjaluh Ujang Zainal masalah absensi, keterbukaan asssesmen, keberadaan gedung Pokjaluh, penjelasan jobdiskripsi penyuluh serta mekanisme penyelesaian Kendaraan Dinas yang hilang ( ganti rugi ).

Alhamdullilah semua harapan dan pertanyaan serta permintaan dijawab dan diakomodir  langsung oleh Kepala Kantor, sehingga tidak ada lagi permasalahan ( Clear ) dan semua dapat menerima dengan lapang dada, mohon ma’af apabila ada yang tidak puas, Ujar H. Mahmudi usai memberikan penjelasan secara transparan setiap pertanyaan.

Rapat diakhiri dengan saling berjabat tangan untuk saling berma’afan antara seluruh peserta yang hadir dengan pejabat Kankemenag dilanjutkan dengan makan siang bersama di Kankemenag Kota Cilegon. (Abdullah Suko/AS).

 

Sebelumnya Kasi Bimas Islam Kemenag Lebak Tinjau Lokasi Tanah Gedung KUA Kec. Cileles
Selanjutnya Memandang Fungsi dan Peran Masjid