PRAMUKA MTs NEGERI 5 SERANG RAIH RAGAM JUARA FESTIVAL ALFA GAGAK


Peraihan Piala Festival oleh Pramuka MTs Negeri 5 Serang

Puloampel (Humas Madrasah) – Remaja sebagai kelompok individu yang sedang dalam masa mencari identitas diri, selalu cenderung mencari hal-hal baru, yang dapat membuat mereka menjadi orang modern. Mereka tidak ingin ketinggalan zaman, sehingga ada kecenderungan untuk mudah menerima hal-hal yang berbau globalisasi, krisis ekonomi dan sebagainya. Remaja perlu dibekali kemampuan untuk menanggapi dan mengatasinya agar menjadi arsitek-arsitek pengembangan dirinya sendiri untuk menjadi orang yang otonom dan mandiri, siap sedia membantu, bertanggungjawab dan dapat diandalkan, sambil mengembangkan potensi-potensi mereka sepenuhnya sebagai pribadi dan sebagai masyarakat.
Gerakan pramuka merupakan gerakan pendidikan dengan tugas menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi yang lebih baik, sanggup bertanggungjawab dan mampu mengisi kemerdekaan nasional. Salah satu kegiatan yang ditempuh adalah ikutserta pada Ajang Lomba Festival Pramuka Penggalang dan Penegak (ALFA GAGAK). Kegiatan ini merupakan kegiatan yang ditunjuk untuk melatih keterampilan, kerjasama, dan mengembangkan ilmu pengetahuan.
Pramuka pangkalan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 5 Serang dalam kegiatan telah meraih beragam juara di beberapa mata lomba antara lain Pionering meraih Juara 3; Hasta Karya kategori putera meraih Juara 1 dan kategori puteri meraih Juara 3; Cerdas Tangkas kategori putera meraih Juara 1 dan kategori puteri meraih Juara 2; Keterampilan Baris-berbaris Tongkat meraih Juara 3.
Bertempat di Ambalan Ki Kahal dan Nyi Fatimah Pangkalan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Cilegon Gugus Depan 02.063/02.063 pada hari Sabtu tanggal 21 April 2018 waktu pukul 07.00 sampai dengan 17.30 WIB kegiatan ini diikuti oleh pramuka tingkat penggalang (MTs/SMP) dan tingkat penegak (SMA/SMK) dari Kota Cilegon, Kota Serang, dan Kabupaten Serang.
Kegiatan ini bertema ”Melalui gerakan pramuka kita tingkatkan Keterampilan, Toleransi, dan Sportifitas dalam semangat Kepramukaan penggalang dan penegak”.
Maksud dan Tujuan kegiatan ini adalah melaksanakan pola pendidikan dasar metodik kepramukaan; mengamalkan Tri Satya dan Dasa Dharma; meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa; membina mental dan kepercayaandiri; meningkatkan daya kreasi, ketangkasan dan keterampilan; meningkatkan kerjasama dan kerukunan; menambah pengetahuan dan pengalaman; serta meningkatkan jiwa kompetisi dan sportifitas.
Foto: ADD Red.: Jm

Sebelumnya Juknis Pelaksanaan Madrasah Young Researcher SuperCamp 2018
Selanjutnya Seleksi Beasiswa S1 Timur Tengah Tahun 2018