POKJAWAS, PGMI DAN KKM PULOMERAK TEROBOS GEBRAKAN BARU


Pokjawas Kankemenag Kota Cilegon H. Ahmad Syukri Bersama H. Munirudin dalam Pembukaan Seminar

Grogol (Inmas Kemenag Kota Cilegon), Tiga orang Pendidik di MAN 2 Kota Cilegon, Rabu (17/1) bertempat di Jl. Puskesmas Bujang Gadung Kec. Grogol Kota Cilegon mempresentasikan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam bentuk seminar dihadapan audien yang terdiri dari Pengawas, Pendidik di KKM Pulaumerak Kota Cilegon, Perwakilan PGMI dan undangan. Ketiga Pendidik tersebut adalah: 1. Femy Afriani, judul makalah: PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOLOGI SISWA KELAS X IPA 3 MAN 2 KOTA CILEGON; 2. Aan Musthofiah, judul makalah: PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH ( Problem Based Learning ) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI PRESTASI KHALIFAH TERKENAL BANI UMAYYAH KELAS XI IPA DI MAN 2 KOTA CILEGON; 3. Maemunah,  judul makalah : MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN METODE TANYAJAWAB PADA KELAS X IPS 2 MAN 2 KOTA CILEGON TAHUN PELAJARAN 2016-2017, masing masing Pemakalah diberikan waktu 60 menit, terbagi dalam 5 menit pendahuluan; 15 menit untuk pemaparan abstraksi dan 35 menit untuk audien dengan panelis dan 5 menit penutup.

Seminar sehari tersebut dilaksanakan sebagai wujud peningkatan mutu pendidikan di madrasah baik negeri maupun swasta. Ketua DPC PGMI Kota Cilegon Hj. Zaitty Musafiroch mengatakan: “Kegiatan seminar ini terinspirasi dari keprihatinan jumlah kelulusan pengajuan kenaikan golongan bagi Pendidik di bawah 50% dari jumlah yang mengajukan, dimana kegagalan mayoritas disebabkan karena tidak melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diseminarkan dengan nilai angka kredit cukup besar yakni 4, untuk penulisan makalah angka kredit 2. Semoga terobosan awal dari Pokjawas PGMI dan KKM Pulomerak dalam memfasilitasi Pendidik melalui seminar dapat semakin ditingkatkan dan dapat membantu dalam pengumpulan angka kredit untuk kenaikan golongan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (Permen) PAN dan RB No. 16 tahun 2009 tentang jabatan fungsional Guru dan penilaian angka kredit disebutkan bahwa PTK yang diajukan adalah yang dilakukan disekolahnya/di kelasnya saat mengajar sehingga tidak meninggalkan proses pembelajaran di kelas dan diseminarkan.”

Ketua Pokjawas Kota Cilegon H. Ahmad Syukri dalam sambutan pembukaan mengatakan: “Kegiatan awal tahun 2018 ini merupakan momentum semangat baru yang saling bersinergi antara Pokjawas, PGMI dan KKM Pulomerak dalam mewujudkan impian lama yang terpendam dalam mewujudkan manfaat yang sebesar besarnya dalam memajukan pendidikan di kota Cilegon pada umumnya dan Pendidik pada khusunya. Di dalam Permen  PAN dan RB No. 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit, dalam amanah tersebut kenaikan golongan harus dilakukan setelah memenuhi pemenuhan pengumpulan angka kredit yang disyaratkan, apabila sudah memenuhi dapat dinaikkan golongan menjadi setingkat lebih tinggi. Di dalam lampiran Permen  PAN dan RB No. 16 tahun 2009 ada amanah Karya Tulis Ilmiah (KTI) baik berupa makalah (penelitian pustakaan, penelitian lapangan  atau PTK) hendaknya diseminarkan, dengan semangat untuk penyempurnaan bukan menguji. Kegiatan ini juga harus berefek positif baik bagi diri sendiri (Pendidik) maupun bagi perkembangan sekolah, tetap semangat dan terus eksis dalam melakukan perubahan lebih baik. “

Antusias peserta seminar terlihat dengan jelas dengan kekhusukan dalam mendengarkan penjelasan singkat dari Ketua Pokjawas dan Ketua PGMI DPC Kota Cilegon.

Sebelum di mulai seminar Kepala MAN 2 Kota Cilegon sekaligus sebagai Ketua KKM MA Pulomerak H. Munirudin mengatakan : “Alhamdullilah selamat datang dan terimakasih sudah mempercayakan MAN 2 Kota Cilegon sebagai tempat dalam pelaksanaan seminar. Kegiatan seperti ini bukan hanya untuk menggugurkan kewajiban tetapi jalan yang indah untuk dapat mengembangkan potensi diri dan lebih cermat untuk dapat menemukan kebutuhan bagi Peserta Didik dan Pendidik. Untuk ke depan MAN 2 Kota Cilegon insya Allah selalu siap dan mohon ke depan supaya dilaksanakan di hari Sabtu supaya situasi dan kondisi lebih kondusif tidak dikejar-kejar waktu dan terganggu dengan suara bising siswa-siswi karena hari Sabtu Peserta Didik belajar di rumah. Terimakasih dan selamat untuk Ibu Femy; Ibu Aan  dan Ibu Maemunah.”

Kegiatan seminar dihujani dengan masukan dan koreksi baik dari audien maupun dari Panelis kepada Ketiga Pemakalah untuk penyempurnaan PTK selanjutnya. Setelah selesai pemaparan Pemakalah tampak sangat lega dan tersenyum bahagia dan menerima seluruh masukkan dari audien dan Panelis.

Seminar ditutup oleh Koordinator Pengawas Binaan Pendidikan wilayah KKM Pulomerak Hj. Wiwin Darwini. Di dalam sambutan penutupan Hj. Wiwin panggilan keakraban mengatakan: “ Terimakasih kepada MAN 2 Kota Cilegon, MA Al- Khairiyah Pabuaran, MA Al- Khairiyah Karangtengah, MA Nasrul Ulum, MA An Nidhomiyah, MA Al- Khairiyah Delingseng dan MA Al-Furqon Tegal Cabe yang telah bekerjasama untuk menyukseskan seminar pertama di KKM Pulomerak Kota Cilegon. Semoga kegiatan ini ditindaklanjuti oleh peserta lain dari Pendidik PAI; Pendidik di MTs dan Pendidik di RA, karena ini tidak hanya bagi Pendidik PNS saja akan tetapi Pendidik honorer juga melakukan hal yang sama. Selamat dan sukses kepada Pemakalah yang sudah mempertangungjawabkan hasil PTK melalui seminar, semoga lekas naik golongan.”

Mutu pendidikan akan semakin dapat dirasakan dengan jelas apabila ada out put perubahan yang jelas dan signifikan dari hasil yang diperoleh ke arah lebih baik. Seminar adalah salah satu wujud nyata yang terukur untuk dapat mengembangkan potensi dan pengembangan diri baik bagi Peserta Didik maupun Pendidik serta perkembangan Pendidikan di Kota Cilegon. Madrasah lebih baik, lebih baik madrasah. (Abdullah Suko/AS)

Sebelumnya Pokjawas, PGMI dan KKM Pulomerak Terobosan Gerakan Baru
Selanjutnya LAGI, TIM VOLLEY BALL MTsN 5 SERANG REBUT 2 JUARA SEKALIGUS!