“PESERTA DIDIK BARU MENGIKUTI PERKEMAHAN PRAMUKA MADRASAH”


Ciruas, Salah satu agenda kegiatan MTs Negeri 1 Serang di awal tahun pelajaran 2019/2020 adalah melaksanakan Perkemahan Pramuka Madrasah (PPM)  yang diikuti oleh seluruh peserta didik baru. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari, Jum`at sabtu (26-27/7/2019) yang bertempatkan di lingkungan MTs Negeri 1 Serang. Perkemahan Pramuka Madrasah merupakan rangkain kegiatan Masa Ta`aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) sekaligus memperkenalkan ekskul Pramuka adalah merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang wajib di Madrasah/sekolah, begitu juga dengan MTs Negeri 1 Serang mewajibkan kegiatan pramuka sebagai ekskul wajib. Hal ini  sesuai  dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia nomor 81A tahun 2013 lampiran III tentang pedoman kegiatan ekstrakurikuler wajib di satuan pendidikan.

Penegasan tersebut tidak lepas, wajib Pramuka yang diatur secara tegas jelas dan tegas dalam Permendikbud No 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Pramuka akan mendorong kepemimpinan, kerja sama, solidaritas, kemandirian, dan keberanian. Bentuk eliminasi dan keprihatinan atas absurdnya nila-nilai karakter pelajar saat ini yang kurang mampu menjaga harga diri dan sportifitas.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Madrasah Ibu Hajiyah, M.Pd, menjelaskan dalam sambutannya, beliau mempertegas kembali sesuai dengan aturan di atas bahwa kegitan pramuka ini bukan ekskul pilihan tetapi ekskul wajib yang harus diikuti oleh peserta didik terutama siswa kelas VII. Kepala Madrasah yang didampingi oleh para wakil, pembina pramuka dan para wali kelas mengapresiasi sangat tinggi kepada panitia pelaksana yang telah berinisiatif melaksanakan kegiatan Perkemahan Pramuka Madrasah untuk membangun kreatifitas siswa, pembinaan dan pembentukan mental karakter siswa dengan harapan kelak akan  menjadi manusia yang bermanfaat baik untuk diri sendiri, lingkungan dan orang lain.

Sejalan dengan harapan dan tujuan, tentu dari kegiatan ini memiliki maksud dan tujuan. Adapun maksud dan tujuan kegiatan pramuka adalah ; (1) untuk membangun kepribadian yang ditujukan dalam mengembangkan potensi diri serta memiliki akhlak mulia, pengendalian diri, dan kecakapan hidup bagi  setiap anggota Pramuka, (2) mengembangkan potensi diri anggota Pramuka, (3)Meningkatkan disiplin dan tanggung jawab anggota, (4) Memotivasi terhadap perkembangan anggota, dan (5)Memberikan pengalaman dan pembelajaran hidup mandiri

Di tempat yang berbeda Ka Dewi Astri Andani selaku ketua pelaksana pada kegiatan ini menuturkan, bahwa kegiatan PPM merupakan kegiatan rutinitas di awal tahun pelajaran bagi siswa-siwi baru untuk memperkenalkan kepramukaan untuk mendidik serta membetuk fisik dan mental siswa. Hal ini sejalan dengan tema Perkemahan Madrasah Pramuka kali ini adalah bersama pramuka wujudkan peserta didik yang kreatif, inovatif dan religius.

”Sebagai kata penutup  dari kegiatan ini kami dari panitia berharap kepada semua peserta agar  mengikuti kegiatan ini dengan penuh perhatian, disiplin dan tanggung jawab, sehingga seuasai dari kegiatan tersebut siswa dapat mengimplementasikannnya dalam lingkungan sekolah dan masyarakat pada umumnya. (Aep, huams***)

 

Sebelumnya Album: MTs Negeri 5 Serang terima Sosialisasi Adiwiyata PT Chandra Asri
Selanjutnya PESERTA DIDIK BARU MENGIKUTI PERKEMAHAN PRAMUKA MADRASAH