Peran Strategis Pondok Pesantren Dalam Mewujudkan Tangsel yang Religius


CIPUTAT (Inmas_Tangsel) – Peran Pesantren sangat luar biasa sejak zaman kemerdekaan sampai sekarang ini. Mereka dengan ikhlas membangun pendidikan, mereka itu pejuang pendidikan, jadi harus kita hormati dan hargai.

Demikian disampaikan oleh Kasi Pakis Kemenag Kota Tangsel, Muhammad Edi Suharsongko, pada acara Halal Bi Halal dan Kuliah Perdana Forum Halaqoh Al-Qur’an Nurul Hikmah, Kampung Sawah, Ciputat Tangsel, Senin (16/07/2018).

Hadir pada acara ini, Walikota Tangsel, Hj. Airin Rachmi Diany, Kasi Pakis mewakili Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Sekel Kelurahan Kampung Sawah, dan H. Sukarna selaku tokoh masyarakat, dengan penceramah ustadz KH. Efendy Anwar, Lc Al.Hafidz dan Ummi Nabillah pimpinan Pontren Nurul Hukmah.

Dalam sambutanya, walikota Tangsel sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Pontren Nurul Hikmah. Dirinya berharap dengan eksisnya kegiatan Pontren di Kota Tangsel dapat mendorong terwujudnya Tangsel yang religius.

“Masyarakat Tangsel adalah masyarakat metropolis. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Pemkot Tangsel dalam pembinaan akhlak warga masyarakatnya. Maka diharapkan pondok pesantren di Tangsel dapat ikut mengambil peran secara optimal dalam pembinaan generasi muda pada khususnya dan masyarakat Tangsel pada umumnya,” ujar Airin.

Senada dengan itu, Kasi Pakis menyatakan siap melayani pondok pesantren (pontren) di kota Tangsel dalam kaitan adminitrasi dan izin operasional.

“Tentunya pontren tersebut telah memenuhi syarat rukunnya sebuah pontren sesuai regulasi yang berlaku pada kemenag RI,” jelasnya.

Kasi Pakis juga berharap dukungan Pemkot Tangsel terhadap Pontren, baik secara moril dan matrial, hal ini selaras dengan peran pontren dalam pembinaan keumatan.

“Kami juga meminta dukungan para tokoh masyarakat untuk membantu mensosialisasikan kepada masyarakat luas tentang pentingnya pembinaan generasi muda melalui lembaga pontren,” pangkasnya. (Fuay)

Sebelumnya Delapan Santri Pontren Tangsel Lulus Seleksi Beasiswa Akbid Bhakti Asih Ciledug Tangerang Selatan
Selanjutnya KUA Pamulang Optimis Terpilih Menjadi KUA Teladan Tingkat Provinsi Banten 2018