MTs Negeri 4 Tangerang Adakan Pelatihan Menulis


Tangerang–Tim Gerakan Literasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Tangerang (Garasi Maripat) menggelar Pelatihan Menulis Prosa bagi siswa pada Kamis (27/02/2020). Pelatihan menulis prosa merupakan salah satu rangkaian program kerja Tim Literasi Garasi Maripat di tahun 2020.

Pada acara tersebut, Tim Garasi Maripat bekerja sama dengan narasumber dari Komunitas Menulis Pontang Tirtayasa (Komentar). Zaki Fahrizal dalam laporannya mengatakan bahwa yang melatarbelakangi kegiatan pelatihan yakni adanya program kerja tim literasi di tahun 2020. “Pelatihan menulis ini merupakan salah satu rangkaian program kerja tim literasi madrasah. Selain itu, kegiatan ini juga bagian dari membina pendidikan budi pekerti yang tercantum pada Permendikbud nomor 23 tahun 2015.” ungkap Zaki saat sesi laporan ketua pelaksana.
Sementara itu, Sobari selaku wakil kepala madrasah bidang kurikulum berkata, “Pelatihan menulis ini penting bagi siswa dalam menumbuhkan minat membaca dan menulis di madrasah. Harapannya, melalui pelatihan ini, siswa MTs Negeri 4 Tangerang dapat menghasilkan sebuah karya berupa buku agar dapat bersaing dengan sekolah/madrasah di Provinsi Banten maupun tingkat nasional.”


Sejak dibuka acara pelatihan menulis tersebut, para siswa terlihat antusias dan serius menyimak paparan materi yang disampaikan narasumber dari Komentar. Hal ini terbukti dari jumlah halaman tulisan yang ditulis siswa. Rata-rata jumlah halaman mencapai 2 sampai 3 halaman kertas folio bergaris.

Tulisan siswa tersebut kemudian dikumpulkan untuk dikoreksi oleh narasumber dan nantinya akan dibagikan kembali kepada siswa untuk direvisi. Setelah dikoreksi, masuk ke pengetikan dan tahap pengiriman tulisan kepada penanggung jawab kegiatan untuk direkap sebelum diterbitkan oleh pihak Komentar.***

Sebelumnya Kabid PAKIS Encep Syaprudin Muhyi Membuka Kegiatan Sosialisasi Ujian Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren
Selanjutnya MIN 1 Kota Tangsel Adakan Haflah 30 Juz dan Surat Pilihan