MTS NEGERI 1 SERANG MELAKSANAKAN PRAKTEK QURBAN

hewan qurban, qurban, mtsn 1 kabupaten serang

Ciruas-(Senin, 12/08/19) Pagi yang cerah dengan  diiringi suara takbir dan tahmid.  Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar Walillahil Hamd, begitulah suara Danang, dan kawan2nya mengumandangkan takbir, dan tahmid di Masjid Nurul Iman lingkungan MTs Negeri 1 Serang terdengar dengan begitu semangat. Sementara  ratusan siswa lainnya mereka duduk dengan menyelimuti lapangan MTS Negeri 1 Serang untuk  mengikuti praktek penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan  pada hari senin, 11 Djulhijjah 1440 H atau pada hari tasyrik pertama. Praktek penyembelihan hewan qurban pada tahun ini Alhamdulillah MTs Negeri 1 Serang yang dikoordinatori oleh DKM bekerja sama dengan Bidang kerohanian bisa menyembelih 1 ekor sapi.

prosesi penyembelihan hewan qurban mtsn 1 serang 1440 H

Sebelum dilaksanakannya praktek penyembelihan hewan qurban. Ridwan selaku ketua DKM Masjid Nurul Iman memberikan arahan dan tausiyahnya dihadapan ratusan siswa, staf TU, pegawai dan dewan guru MTs Negeri 1 Serang pada saat pelaksanaan upacara bendera hari senin.

Adapun yang menjadi dasar tujuan dilaksanakannya praktek penyembelihan hewan qurban di MTs Negeri 1 Serang diharapkan kepada semua guru maupun siswa  untuk dapat meneladani kisah Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail, dengan bersama-sama meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Disamping itu Allah Swt memepertegas melalui ayat qur`aniyahnya QS. Al-Kausar yang artinya: (1) Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak, (2)Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah, (3) Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu Dialah yang terputus.

prosesi penyembelihan hewan qurban mtsn 1 serang 1440 H

Dalam hal ini Hajiyah selaku Kepala MTs Negeri  1 Serang  mengucapkan banyak terima kasih kepada panitia yang dikoordinatori DKM dan Kerohanian yang sudah bisa melaksanakan praktek penyembelihan hewan qurban tahun ini sebagai bentuk penerapan pembelajaran bagi siswa terutama pada mata pelajaran fiqih. Kita bisa mempelajari secara teori di kelas bagaimana tata cara penyembelihan hewan qurban sesuai dengan syariat agama Islam, tapi kalau tidak diparaktekan jauh harapannya kita tidak akan mengerti (Imbuh Hajiyah).

Masih Hajiyah penyembelihan  hewan qurban merupakan wujud manifestasi pelaksanaan nilai-nilai yang terkandung dalam peringatan Idul Adha yakni peningkatan keimanan  dan ketakwaan kepada Allah SWT, serta ibadah sosial melalui berbagi daging hewan qurban.

Pada tempat yang berbeda motivasi DKM Masjid Nurul Iman melaksanakan praktek qurban “Kami ingin mengajarkan kepada semua siswa bahwa qurban sebagai bentuk “Taqorrub” kepada Allah SWT, harus diimbangi dengan peningkatan ketakwaan. Makanya sebagai bentuk peningkatan itu, setiap tahun di bulan haji (Idhul adha) ini kita praktekkan penyembelihan hewan qurban,” terang beliau.

Daging qurban yang sudah disembelih beliau juga menambahkan, kita bagikan kepada orang tua/wali murid melalui siswa yang sebelumnya sudah kita data, terutama adalah siswa yang berhak menerima daging qurban ini, tidak semua siswa dapat ya…  keterbatasan jumlah hewan qurban yang kita sembelih. Mudah-mudahan tahun yang akan datang bisa lebih banyak hewan qurbannya dan semuanya bisa kita bagikan. Sementara itu tujuan dari pelaksanaan penyebelihan hewan qurban hal ini tentu kita lakukan agar orang tua/wali murid juga mengetahui kegiatan praktek qurban yang dilakukan pihak madrasah.**** (aep_Humas).

Sebelumnya MERIAHKAN AGUSTUSAN, KEMENAG PANDEGLANG GELAR ANEKA LOMBA
Selanjutnya RAYAKAN IDUL ADHA, KEMENAG PANDEGLANG QURBAN 2 KERBAU DAN 2 KAMBING