MTS NEGERI 1 SERANG IKUT SERANGKAIAN KEGIATAN PRAMUKA

pramuka, mtsn1 serang, rangkaian

Bulan Agustus adalah salah satu bulan yang memiliki hari hari besar nasional yang diperingati dan disambut meriah oleh seluruh warga Negara Indonesia. Karena bulan Agustus menjadi catatan bersejarah dalam membangun keutuhan Negara Indonesia, seperti hari nasional Dirgahayu Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus yang tahun ini tepat usia ke-74th dan HUT Pramuka pada tanggal 14 Agustus yang tahun ini tepat usia ke-58th.

Ektrakurikuler Pramuka MTs Negeri 1 Serang yang merupakan esktrakurikuler wajib yang diikuti oleh siswa, di bulan Agustus ini mengikuti beberapa kegiatan dalam rangka memeringati HUT Pramuka. Pada tanggal 13-14 Agustus 2019, anggota Prizga Pramuka MTs Negeri 1 Serang mengikuti Jambore Ranting tingkat Kwatir Ranting kecamatan Ciruas yang diwakili oleh 20 siswa anggota Prizga yang terdiri atas 2 regu, 10 siswa regu putri (regu Sakura) dan 10 siswa regu putra (regu Serigala) yang bertempat di Lapangan BCP depan SDN 4 Ciruas. Kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa sekolah tingkat SD/MI dan SMP/MTs di kecamatan Ciruas. Peserta dalam kegiatan Jambore Ranting tersebut diikuti oleh anggota Pramuka Penggalang.

Selain itu, pada tanggal 14 Agustus 2019, salah satu anggota Pramuka MTs Negeri 1 Serang terpilih menjadi petugas upacara HUT Pramuka ke-58th sebagai pembaca Dasa Darma Pramuka di tingkat Provinsi Banten yang bertempat di Lapangan Masjid Al Bantani, KP3B, Kota Serang yang sebelumnya mengikuti tahapan seleksi dengan beberapa anggota Pramuka sekolah lain se-Kab Serang di Kwarda Banten. Ia adalah Vira Awaliyah anggota Prizga Pramuka MTs Negeri 1 Serang yang sekarang duduk di kelas IX. Dengan penuh rasa bangga, Orang tua Vira Awaliyah pun menjadi terlibat dalam kegiatan peringatan tersebut karena mendapat undangan resmi menjadi tamu undnagan dari Gubernur Banten.

Siswa MTsN 1 serang menjadi salah satu petugas Upacara HUT Pramuka ke-58di KP3B TK. Provinsi Banten

Kemudian, setelah kegiatan Jambore Ranting dan ikut serta menjadi petugas upacara Hut Pramuka ke-58th, anggota Pramuka MTs Negeri 1 Serang mendelegasikan 2 siswa yang memiliki riwayat keanggotaan Pramuka yang bagus, baik dalam kemampuan menguasai materi kepramukaan dan keaktifannya dalam menekuni kegiatan-kegiatan Pramuka di dalam sekolah maupun di luar sekolah untuk mendapat julukan dan penghargaan “Pramuka Garuda” di tingkat Kabupaten Serang. Dua siswa tersebut, yakni Zahra Ismaya dan Marsanda Aulia yang duduk di kelas IX. Alhamdulillah, setelah mengikuti tahapan pemberkasan portofolio dan seleksi yang diadakan pada tanggal 16 Agustus 2019 di SMAN 1 Ciruas dua siswa tersebut lolos seleksi dan resmi mendapat julukan dan penghargaan “Pramuka Garuda” se-Kabupaten Serang. Penyematan penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Bupati Serang di kegiatan Jambore Cabang yakni bertempat di Lapangan Batukurung, Desa Panyabrangan, depan Bendungan Pamarayan, kecamatan Cikeusal, Serang pada tanggal 19 Agustus 2019.

Rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Pramuka ke-58th di bulan Agustus yang terakhir adalah kegiatan Jambore Cabang. Jambore Cabang diselenggarakan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Serang setiap 5 (lima) tahun sekali dan merupakan tugas Kwartir Cabang sebagai amanat Musyawarah Cabang dalam rangka upaya pencapaian tujuan Gerakan Pramuka Gerakan pramuka selaku penyelenggara pendidikan kepramukaan mempunyai peran besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda sehingga memiliki pengendalian diri dan kecakapan hidup untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.

Kegiatan Jambore Cabang pada tahun ini diselenggarakan di Lapangan Batukurung, Desa Panyabrangan, depan Bendungan Pamarayan, kecamatan Cikeusal, Serang, pada tanggal 19 s.d. 22 Agustus 2019. Pramuka MTs Negeri 1 Serang mengutus 6 (enam) peserta, yakni 4 anggota Prizga Pramuka Putri (Sakura)  dan 2 anggota Prizga Pramuka Putra (Serigala) baik dari siswa kelas VII, VIII, dan IX. Dalam pemberangkatan Jambore Cabang kontingen Kwaran Ciruas ini dilepas oleh Ka Mabiran (Ka Mabigus Kwaran) Ciruas yang diwakili oleh Sekretaris Camat yang sebelumnya dilepas oleh Kepala Madrasah/Sekolah (Ka Mabigus) di sekolah masing-masing.

Rangkaian kegiatan Pramuka yang diikuti oleh Pramuka MTs Negeri 1 Serang tersebut didampingi oleh pembina Gugus Depan (Sirojudin, S.Pd.I), pembina putra (Hendra Saputra), pembina putri (Dewi Astri Andani, S.Pd), dan dalam persiapan dibantu oleh para pelatih.

Terima kasih kepada seluruh pihak sekolah terutama Kepala Madrasah MTs Negeri 1 Serang (Hajiyah, M.Pd) selaku Ka Mabigus yang sudah mendukung dan memotivasi dalam persiapan dan pelaksanaan rangkaian kegiatan Pramuka tersebut, dengan harapan semoga seluruh peserta dapat menumbuhkan rasa kebangsaan yang ber-Bhineka Tunggal Ika serta berupaya mewujudkan manusia Indonesia yang memiliki kualitas keimanan dan ketaqwaan, kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berjiwa Pancasila, tak lupa terciptanya kemajuan ektrakurikuler Pramuka di sekolah. (Kir. Dewi)

 

Sebelumnya KEMENAG LEBAK GELAR ORIENTASI KINERJA DAN ETOS KERJA ASN
Selanjutnya Jemaah Haji Kloter 55 JKG Dalam Keadaan Sehat