MTs & MA SE-KOTA CILEGON BERKEGIATAN DALAM MASA TA’ARUF SISWA MADRASAH (Matsama)


Kepala MTs Negeri 3 Kota Cilegon H. Ali Yakub Dalam Pembukaan Matsama & Masa Orientasi Pramuka

CILEGON – Inmas (Kankemenag Kota Cilegon), Senin, 16 Juli 2018  seluruh Madrasah Tsnawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Se- Kota Cilegon adakan kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) Bagi Siswa Baru Tahun Pelajaran 2018/2019.

“Kegiatan Matsama dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan lingkungan Madrasah bagi Siswa baru serta pembentukan karakter kepada peserta didik.” Ujar Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 (MAN 2) Kota Cilegon H. Munirudin.

Kepala Madrasah MAN 2 yang kerap mengukir prestasi baik dibidang akademik maupun non akademik baik tingkat kota, provinsi maupun nasional menambahkan katanya: ”Untuk perkembangan Pendidikan saat ini Kurikulum di Indonesia masih ketinggalan jauh dengan negara tetangga Malaysia, hal ini kita dapat melihat waktu studi banding Kepala Se-KKM MAN 2 Kota Cilegon belum lama ini, negara Malaysia yang selama ini belajar tentang teknologi dari ITB sekarang sudah memiliki laboratorium yang dikelilingi selama 2 hari belum tuntas/belum kelar, ini suatu bukti betapa perkembangan pendidikan di negara Malaysia begitu cepat. Insya Allah ke depan MAN 2 Kota Cilegon akan membuat program baru bording school, sehingga proses pembelajaran lebih efektif dan terarah.”

Sementara ditempat terpisah Maulal Fajri kelas XII IPS ketua OSIS MAN 2 Kota Cilegon mengatakan: ”Saat ini kegiatan Matsama dilaksanakan berdasarkan pedoman penyelenggaraan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah yang sudah ditentukan dengan materi: Pengenalan ektrakurikuler; Tatatertib sekolah; Wawasan Kebangsaan; Wawasan Wiyata Mandala; Undang Undang Penayangan (Komisi Penyiaran Indonesia/KPI Prov. Banten ); Budaya Literasi. Dilanjutkan dengan pertemuan dengan orangtua Siswa pada hari Jum’at tanggal 20 Juli 2018 di Aula dengan tausiah Insya Allah  Dr. KH. Mahfudin, S.Pd., M.Si. (Kepala Kankemenag Kota Cilegon.”

“Untuk kegiatan Matsama tingkat Madrasah Tsanawiyah materi pembinaan di MTs. Negeri 3 Kota Cilegon lebih ditingkatkan pada materi: Wiyata Mandala; Strategi Belajar; Tata Tertib Siswa; Tata Krama Siswa; Pengenalan OSIS & Ekskul; Pengenalan Perpustakaan.” Ujar Isqoyati Ketua Kegiatan Matsama MTs Negeri 3 Cilegon.

Kepala MTs Negeri 3 Kota Cilegon H. Ali Yakub mengatakan: “ Alhamdulilah, Insya Allah Madrasah dibawah pembinaan saya akan melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya dan tidak membebani Siswa dan Orang Tua Siswa dalam melaksanakan kegiatan Matsama selama 3 hari. Ikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya.”

Berbeda dengan Kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) di MTs Al-Khairiyah Pabuaran yang lebih menekankan pada perubahan tingkah laku/akhlak karimah dan Bimbingan Baca Qur’an serta pengamalan dalam hidup sehari-hari.”

Ustd. Toto Rumanto selaku Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Pabuaran Cilegon mengatakan: “ Alhamdullilah untuk kegiatan MOS tahun ini berbeda dengan yang sebelumnya, dimana selain menekankan pada kegiatan keagamaan, mulai dari Sholat dhuha, sholat Dzuhur berjamaah, Kaligrafi, Tadarus, Ceramah Agama, Kepramukaan, Bimbingan Budi Pekerti  sampai dengan Bakti Sosial 9 membersihkan Masjid/Mushola di lingkungan Pabuaran, diadakan tes buta warna yang fungsinya untuk mengetahui sejak dini apakah ada Siswa yang tidak mampu membedakan warna mengingat pembelajaran saat ini yang semakin modern dengan media audiovisual dalam belajar membaca Al-Qur’an.”

Selamat mengikuti Matsama tingkat MTs dan MA Se- Kota Cilegon dengan sungguh-sungguh guna mempersiapkan fisik, mental, jasmani dan rohani dalam menggali ilmu di dunia pendidikan Madrasah. (Abdullah Suko( AS )/TIM).

Sebelumnya KUA Kecamatan Pamulang Siap Menjadi KUA Teladan
Selanjutnya Delapan Santri Pontren Tangsel Lulus Seleksi Beasiswa Akbid Bhakti Asih Ciledug Tangerang Selatan