Momentum Hari Amal Bakti 2017


SERANG KOTA (Inmas Kemenag)_Dalam rangka mewujudkan tertib administrasi nikah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Serang, Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kota Serang melakukan verifikasi data pasangan yang akan melangsungkan itsbat nikah, Kamis, (30/3).

Berdasarkan data yang dihimpun Inmas Kementerian Agama Kota Serang, jumlah pasangan yang mengajukan itsbat nikah untuk sementara berjumlah 57 pasangan. Hal tersebut diketahui berdasarkan data yang dikirimkan KUA ke Kantor Kementerian Agama Kota Serang yaitu KUA Curug sebanyak 15 pasangan, KUA Kasemen sebanyak 15 pasangan, KUA Kecamatan Taktakan sebanyak 15 Pasangan, dan KUA Kecamatan Cipocok Jaya sebanyak 12 pasangan. Sedangkan untuk KUA Kecamatan Serang dan Walantaka belum mengirimkan data tersebut.

Masing masing pasangan mengajukan permohonan itsbat nikah yang akan digelar oleh Pengadilan Agama Serang melalui sidang keliling bersama unsur Kementerian Agama Kota Serang dan Dinas Kependudukan Catatan SIpil Kota Serang.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Kankemenag Kota Serang H. Machdum Bachtiar saat ditemui oleh Inmas Kementerian Agama Kota Serang di ruang kerjanya mengatakan bahwa penyelenggaraan itsbat ini adalah bentuk kerja sama antara Pengadilan Agama Serang, Kementerian Agama Kota Serang dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Serang. Tujuannya untuk memperoleh bukti tertulis yang dituangkan dalam buku nikah bahwa masing-masing pasangan tersebut telah melangsungkan perkawinannya dan dicatatkan di KUA.

Selain itu mereka juga dapat memperoleh hak-haknya seperti terbitnya akta kelahiran anak, terbitnya paspor saat akan mereka akan daftar ibadah haji atau umroh, bahkan anaknya juga dapat memperoleh hak waris dari orang tuanya.

Sebelumnya Rekrutmen Calon Petugas Haji Kloter (TPHI/TPIHI) dan PPIH Arab Saudi di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebak Tahun 1438 H / 2017 M
Selanjutnya Proses Pembakaran Soal Kegiatan Rekrutmen Calon Petugas Haji dan PPIH