Menag Resmikan PTSP Kanwil Kemenag Banten


Serang (Inmas Banten) – Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin resmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten. Kamis (20/09). Secara simbolis peresmian ditandai pengguntingan pita oleh Menteri Agama RI yang didampingi oleh Kepala Kanwil Kemenag Banten, Sesdirjen UraisBinsyar, Kepala Biro HDI Kemenag RI, DANREM 064 MY, Kejaksaan, Rektor UIN Banten, Ketua MUI Banten, Wakil ketua DPRD, Rektor Untirta, Perwakilan Kemenkumham, Kepala Kantor Kementerian Agama Se Provinsi Banten, Pembimas, Kepala Bidang, Kasubbag, para Kepala Madrasah se Provinsi Banten dan Hadirin.

Dalam Laporannya, Kakanwil A. Bazari Syam sangat bersyukur Kanwil Kemenag Banten bisa mewujudkan program unggulan Kementerian Agama RI dibawah kepemimpinan Lukman Hakim Saifuddin yaitu Program Unggulan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Pelayanan sangat penting diberikan secara cepat, tepat, dan akurat. Keberadaan PTSP di Kanwil Kemenag Banten ini semoga menjadi salah satu upaya nyata kementerian agama menyediakan pelayanan prima. tandasnya.

Sementara itu PTSP di Kanwil Kemenag Banten menyediakan 23 (dua pulu tiga) layanan baik berupa perizinan maupun non perizinan. 23 layanan ini meliputi Bidang Haji, Bidang Pendidikan Madrasah, Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf, Bidang Urusan Agama Islam, Subbag Kepegawaian, Subbag Hukum dan KUB, Subbag Perencanaan & Keuangan, Subbag Umum dan Subbag Informasi dan Humas.

Pada praktek pelayanannya sudah di mulai pada bulan Agustus, ada 4 petugas front office yang siap melayani dengan Senyum, Salam dan Sapa (3S). Pelayanan awal diberikan kepada petugas front office selanjutnya akan diteruskan denga  cepat ke petugas back office yang secara bergilir bertugas menerima dan menyelesaikan layanan sesuai bidangnya masing-masing.

Dalam sambutannya Menag Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan bahwa PTSP mempunyai Fungsi dan Kegunaan yang sangat besar. Pertama keluar secara eksternal ini adalah dalam rangka mendekatkan pelayanan demi mewujudkan kemudahan akses, kecepatan dalam prosesnya, murah bahkan tidak ada biaya, kedalam PTSP sekaligus membangun system agar praktek tidak terpuji itu terkikis habis. Tidak ada lagi urusan transaksi yang memerlukan uang, tidak ada urusan yang harus meninggalkan amplop dan sekaligus menjadi filter agar integritas dan professionalitas kita melalui kehadiran PTSP yang inovatif ini wujud dari tanggungjawab dan upaya kita untuk menjadi teladan bagi lingkungan kita.

Banten merupakan Kanwil ke 11 yang meresmikan PTSP dan sampai dengan bulan oktober masih ada 8 provinsi lagi yang akan meresmikan PTSP.

Menag berharap agar peningkatkan SDM dalam mengoperasionalisasikan PTSP ini harus senantiasa di tingkatkan dalam menghadapi proses digitalisasi ini diperlukan 2 hal, pertama Wawasan yang luas dan pengetahuan yang cukup bagaimana menggunakan peranti lunak terhadap digitalisasi, yang kedua yang tidak kalah penting adalah Kemampuan hati untuk menyikapi proses yang terjadi begitu cepat terjadi di dunia maya.

Penulis : NF

Sebelumnya Menteri Agama Sapa Penyuluh Agama se Provinsi Banten
Selanjutnya Kakanwil Lantik 8 Pejabat Eselon III dan IV di Lingkungan Kementerian Agama Provinsi Banten