Membumikan Nilai-Nilai Shalat Dalam Menumbuhkan Generasi Yang Cerdas, Mandiri Disertai Akhlak Terpuji


Kasi Pakis Kemenag Kota Tangsel, M. Edi Suharsongko Saat Memberikan Sambutan Pada Peringatan Isra Mi'raj di SDN Cirendeu 01 Ciputat Timur Kota Tangsel

CIPTIM (Inmas_Tangsel) – Pendidikan Agama Islam tidak hanya dilakukan dalam kelas, pendidikan agama juga dapat dilakukan di luar kelas. Pendidikan di luar kelas merupakan pembelajaran yang berbasisi penguatan intrakurikuler dalam menumbuhkan siswa yang berkarakter.

Demikian disampaikan oleh Kasi Pakis Kemenag Kota Tangsel, M. Edi Suharsongko pada acara peringatan Isra` Mi’raj Nabi Muhamad SAW, yang dilaksanakan oleh SDN Cireundeu 01 Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan, pada Sabtu (06/05/2017).

Peringatan Isra` Mi’raj (PHBI) tahun ini mengusung tema “Membumikan Nilai-Nilai Shalat Dalam Menumbuhkan Generasi Yang Cerdas, Mandiri Disertai Akhlak Terpuji” ini dihadiri oleh Kasi Pakis Kemenag Kota Tangsel, M. Edi Suharsongko, Pengawas PAI, Tokoh masyarakat, Komite Sekolah, perwakilan orang tua siswa dari setiap kelas, para tamu undangan, dan dihadiri oleh lebih dari 1280 peserta didik.

Lebih lanjut, Kasi Pakis mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang menunjang terciptanya praktek pembiasaan akhlakul karimah, sehingga akan membentuk pribagi muslim yang mandiri, percaya diri diserta akhlak terpuji.

“Hasil dari peristiwa Isra Miraj adalah perintah shalat 5 waktu. Ini mengandung arti bahwa betapa pentingnya shalat 5 waktu bagi manusia, sehingga dalam keadaan bagaimanapun tetap diperintahkan shalat sesuai dengan kemampuannya. Shalat merupakan amalan yang pertama kali dihitung di hari pengadilan nanti,” jelasnya.

Edi juga menjelaskan, jika Rasulullah SAW Mi’rajnya langsung ke Sidratul Muntaha, maka shalat itu merupakan Mi’rajnya kaum muslim. Jika Rasulullah Mi’raj melintasi berbagai dimensi alam, maka hendaknya shalat juga diupayakan untuk mencapai tingkat itu. Pada tingkat shalat yang khusyu, maka seolah-olah manusia melihat Allah, merasa bahwa Allah itu dekat sekali dan mengawasinya.

“Implementasi dari shalat dalam kehidupan sehari-hari antara lain adalah bahwa manusia merasakan pengawasan Allah, sehingga mereka akan berhati-hati dalam beraktivitas. Jika manusia sudah mencapai ini, maka fungsi shalat benar-benar terwujud, yaitu bahwa shalatnya mampu mencegah dari perbuatan yang keji dan mungkar,” ungkapnya.

PeringatanIsra` Mi’raj kali ini sangat mengesankan, karena dikemas dengan teknik “Modeling”, yaitu seluruh pengisi acara adalah peserta didik yang memerankan sebagai seorang pembawa acara, qori, ceramah, dan lainnya. Rangakaian acaranya pun sangat menarik dan membuat senyum tawa para temu undangan yang hadir. Penampilan para hafiz , da’i cilik, doa-doa harian, hadits-hadits pilihan, bacaan shalat disertai zikir dan doa, serta berbagai hiburan Islami merupakan hiburan yang menyejukan hati.

Kepala Sekolah SDN Cirendeu 01 Ciputat Timur, H. Saubi, menjelaskan bahwa acara ini bertujuan:

  1. Memberikan pesan-pesan shalat dalam kehidupan sehari hari
  2. Mengenalkan kepada peserta didik makna ibadah sosial
  3. Mengenalkan sejarah perjalanan perintah shalat
  4. Sebagai sarana syiar Islam sekaligus untuk menggali hakikat, makna, dan hikmah
  5. Membentuk karakter Islami

Selain peringatan Isra Mi’raj, SDN Cireundeu 01 juga memiliki program-program yang mendukung terciptanya pembiasaan akhlakul karimah, seperti Sambut Siswa dengan Salam Senyum dan Sapa disingkat 5 S; Berpakaian bersih, rapih, dan menutup aurat; Berdoa, tadarus, dan asmul husna di awal pembelajaran; Shalat berjamaah; Pengajian umum; Gemar sedekah dan infaq; PHBI; dan bakti sosial (kerja bakti lingkungan dan santunan). SDN Cireundeu 01 juga memiliki program unggulan tahfizh, yaitu sebuah program yang menumbuhkan siswa untuk gemar menghafal al-Quran.

Acara keagamaan ini sangat didukung oleh Kepala Sekolah, para guru, dan kordinator kelas (Korlas) yang merupakan perwakilah komite sekolah. Kegiatan inilah yang selalu menyatukan komite dengan dewan guru dalam membangun sekolah yang lebih baik. (Fuay | Nana)

Sebelumnya Penyerahan Dokumen Nilai UN dan UAMBN Tahun 2017
Selanjutnya Kota Tangsel Terpilih Menjadi Lokus Benchmarking Peserta Diklat Pim IV Angkatan XXX Kemenag RI Tahun 2017