Memberdayakan Zakat Profesi dan Gemar Infaq, Shodaqoh bagi ASN


Kabupaten Serang (Inmas Kab. Serang) – Seksi Penyelenggara Syariah menyelenggarakan Rapat Penerimaan dan Penyuluhan Zakat pada hari Kamis, 27 April 2017 di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Serang. Rapat yang dihadiri oleh 42 orang peserta ini, membahas tentang penyuluhan zakat, bahwa zakat merupakan rukun islam yang ketiga dan merupakan salah satu bukti identitas keislaman seseorang, serta terdapat 28 persandingan antara kalimat shalat dan zakat dalam al-quran (memiliki urgensi yang tinggi di dalamnya).

Dalam rapat tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serang, H. Abdurroup memberikan pengarahan bahwa penyelenggara syariah dapat menggerakkan gemar infaq dan shodaqoh dan memaksimalkan peran masing-masing ASN sebagai agniya. Sedangkan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kab. Serang, H. Suaidi, mengarahkan ke depannya agar membuat program terkait sosialisasi penyuluhan zakat bekerjasama antara baznas, upz dan penyelenggara syariah dan melakukan sosialisasi zakat profesi ke pegawai ASN.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelengara Syariah, Iwan Kurniawan, menjelaskan tetang banyaknya pengembangan manfaat infaq dan shodaqoh, sehingga perlu ada sumber sumber yang lebih banyak lagi karena sangat banyak potensi pengelola zakat. Sebisa mungkin memberdayakan 8 asnaf supaya lebih efektif.

Adapun program penyelenggara syariah terkait penyuluhan zakat adalah memberdayakan zakat profesi ke berbagai kalangan dan memaksimalkan zakat produktif.

Dalam rapat ini disampaikan pula UU Nomor 23 Tahun 2011 tentang organisasi pengelolaan zakat, yaitu BAZNAS, BAZNAS Tingkat Provinsi, Kabupaten, Kota, Lembaga Amil Zakat (LAZ), Unit Pengumpul Zakat (UPZ). Pada Pasal 16 disebutkan bahwa UPZ dibentuk oleh BAZNAS, BAZNAS Tingkat Provinsi, Kabupaten, dan Kota. Pembentukan UPZ dapat dilakukan di instansi pemerintah, BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta, Perwakilan RI di luar negeri, dan dapat pula pada tingkat kecamatan, kelurahan, masjid-masjid, dan majelis taklim. (anggi)

Sebelumnya Penyelenggaraan Isbat Nikah Masal Dibuka Oleh Walikota Serang
Selanjutnya Diklat Teknis Substantif Penerapan Kurikulum 2013 Revisi