KUA Pamulang Optimis Terpilih Menjadi KUA Teladan Tingkat Provinsi Banten 2018


PAMULANG (Inmas_Tangsel) – Tim penilai Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten mengunjungi Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pamulang pada Selasa (17/07/2018) dalam rangka pemilihan KUA Teladan 2018 tingkat provinsi Banten.

Hadir pada acara penyambutan, Kepala Kantor Kemenag Kota Tangsel, Abdul Rojak, Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie, Camat Pamulang, Deden Djuardi, Ketua MUI Tangsel, KH. Saidih, Kepala KUA Pamulang, Afkar Bakarudin didampingi oleh seluruh kepala KUA se-kota Tangsel, Pokjawas, Pokjahulu, Pokjaluh, dan tokoh masyarakat Tangsel.

Dalam sambutannya, Kepala KUA Kecamatan Pamulang, Afkar Bakarudin mengucapkan selamat datang kepada tim penilai dan terima kasih kepada semua yang hadir. Dirinya menjelaskan profile KUA kecamatan Pamulang sejak berdiri di tahun 1983.

“KUA Kecamatan Pamulang telah berdiri sejak tahun 1983, dan sampai saat ini pelayanan kepada masyarakat berjalan sangat baik,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Tangsel, H. Abdul Rojak, dalam sambutannya menjelaskan bahwa KUA di Kota Tangsel bertambah satu lagi yaitu KUA Kecamatan Setu.

“Sehingga KUA di Kota Tangsel kini berjumlah 7 KUA, yaitu KUA Ciputat, Ciputat Timur, Pamulang, Serpong, Serpong Utara, Pondok Aren, dan Setu. Dengan bertambahnya satu KUA ini, maka pelayanan kepada masyarakat diharapkan lebih maksimal lagi,” jelas Kepala Kantor.

Dirinya menjelaskan bahwa pemilihan KUA Teladan ini merupakan kegiatan rutin tahunan. Menjadi pemenang bukanlah target, tapi pelayanan masyarakatlah yang menjadi prioritas.

“Saya tidak terlalu berharap KUA kecamatan Pamulang menjadi pemenang, cukup bisa mewakili Banten di tingkat Nasional,” ujarnya.

Kepala Kantor juga menjelaskan bahwa Kota Tangsel adalah kota yang penduduknya sangat majemuk, maka pelayanan terutama soal keagamaan harus benar-benar baik dan menyayomi semua elemen masyarakat. Dirinya menekankan pentingnya peran KUA sebagai ujung tombak pelayanan Kementerian Agama.

“Pelayanan KUA merupakan ujung tombak pelayanan. Jika KUA bisa memberikan pelayanan yang baik, maka masyarakat akan menilai bahwa pelayanan kita baik. KUA mengemban tugas yang tidak ringan. Sebab, permasalahan di masyarakat harus sebisa mungkin diatasi di tingkat KUA,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota, H. Benyamin Davnie dalam sambutannya mewakili Walikota Tangsel, Hj. Airin Rachmi Diany menjelaskan bahwa Pemkot Tangsel sangat konsen dalam hal pelayanan kepada masyarakat, termasuk pelayanan pernikahan di KUA.

“Kerjasama Pemkot Tangsel dengan Kemenag Kota Tangsel selama ini berjalan baik, kami saling dukung dan melakukan koordinasi dan konsolidasi, terutama dalam hal pelayanan kepada masyarat,” ungkapnya.

Pemilihan KUA Teladan tingkat provinsi Banten ini dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat dan mewujudkan keteladan pada Kantor Urusan Agama Kecamatan. Untuk itu perlu dilaksanakan penilaian KUA teladan secara komprehensif.

Penilaian KUA teladan ini terdiri dari beberapa komponen antara lain, Standar Pelayanan, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), dan Inovasi, termasuk administrasi Nikah Rujuk dan Pelayanan Keagamaan. Terpilihnya KUA Teladan yang berprestasi untuk tingkat provinsi Banten ini akan mewakili Banten di tingkat Nasional. (Fuay)

Sebelumnya Peran Strategis Pondok Pesantren Dalam Mewujudkan Tangsel yang Religius
Selanjutnya PELEPASAN JEMAAH CALON HAJI KOTA TANGERANG