Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kota Tangsel


SERPONG (Inmas_Tangsel) –  Kepala Kantor Kemenag Kota Tangsel, H. Abdul Rojak, pada Sabtu (12/05/2018) membuka Kompetisi Sains Madrasah tingkat Kota Tangsel bertepat di MAN Insan Cendikia (IC) Serpong, Tangerang Selalatan.

Turut hadir dalam acara pembukaan, Kasi Madrasah, H. Suhardi, Kepsek MAN IC, Hj. Peny, Kepsek MTsN Tangsel , Ulik Widiantoro, Kepsek MAN 1 Tangsel, Hj. Ratu Rohimah, Kepsek MIN 2 Tangsel, Hj. Jetty Maynur, dewan guru, dan tamu undangan.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor menyatakan bahwa KSM adalah ajang kompetisi bergengsi untuk anak-anak madrasah dalam mengasah kompetensi sains dan matematika.

“Kegiatan ini membuktikan bahwa siswa-siswi madrasah tidak hanya pandai mengaji, tapi juga mampu dalam bidang sains dan matematika,” ungkapnya.

Kepala Kantor menjelaskan bahwa tokoh-tokoh ilmuwan muslim di masa lalu telah mengajarkan pentingnya ilmu agama dan ilmu-ilmu sains dalam kehidupan, seperti Ibnu Sina adalah tokoh ilmu kedokteran yang juga paham agama.

Ketua Panitia KSM tingkat Kota Tangsel, H. Ridwan Fahmi Lubis melaporkan Kompetisi Sains Madrasah ini diikuti oleh 235 siswa, terdiri dari 79 siswa MI, 21 siswa MTS/SMP, dan 135 siswa MA, dengan memperlombakan 11 mata pelajaran mulai Matematika, Biologi, Kimia, dan lain-lain.

Ridwan juga menjelaskan bahwa KSM tahun ini terbuka untuk diikuti oleh siswa madrasah dan siswa sekolah umum, dan penilaian KSM dilakukan secara jujur dan transparan. Para pengawas ruang dan korektor adalah guru-guru madrasah negeri maupun swasta.

Kasi Kurikulum Kanwil Kemenag Banten, Mustafid Hidayat, dan staffnya juga memantau pelaksanaan KSM Kota Tangsel. Naskah soal KSM dibuat dan dikirim dari Kasubdit Kesiswaan Direktorat Pendidikan Islam KSKK, dan kunci jawaban pun dikirim online pada jam 09.30 pada hari pelaksaan lomba.

Pengumuman pemenang dan pembagian hadiah diberikan oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kota Tangsel, H. Suhadri. Dalam sambutannya, dirinya mengucapkan selamat kepada para pemenang, dan mengingatkan mereka mempersiapkan diri untuk KSM Tingkat Provinsi Banten dan KSM tingkat Nasional yang menurut rencana akan diselenggarakan di Bengkulu pada bulan September 2018. (Fuay)

Sebelumnya KEMENAG LEBAK GELAR PENCEGAHAN KAWIN ANAK DAN PENGUATAN KELUARGA MUDA
Selanjutnya MI Assalamah Pamulang Adakan Pentas Seni, Khotmil Qur`an, dan Pelepasan Kelas VI