Kepala Kemenag: Pemberangkatan dan Pemulangan Jamaah Haji Kota Serang Dibagi Empat Tahap


SERANG KOTA (Inmas Kemenag)_Dalam wawancaranya dengan Inmas Kemenag Kota Serang terkait pelaksanaan teknis pelayanan calon jamaah haji saat pemberangkatan, Selasa (11/07), Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Serang Machdum Bachtiar mengatakan tahun ini pemberangkatan dan pemulangan jamaah Haji Kota Serang dibagi dalam empat tahap. Pertama dilepas pada hari Senin (31/07), tergabung dalam kloter 09, kedua pada hari Selasa (03/08), tergabung dalam kloter 16, ketiga pada hari Kamis (24/08), tergabung dalam kloter 62, dan  keempat pada hari Jumat (25/08) tergabung dalam kloter 63.

Ia juga menyampaikan bahwa Calon Jamaah Haji asal Kota Serang seluruhnya berjumlah 990 orang. Masing-masing dikelompokan dalam kloter 09 berjumlah 393 orang, Kloter 16 berjumlah 391 orang, Kloter 62 berjumlah 71 orang, dan Kloter 63 berjumlah 146 orang.

Tambahnya, tempat untuk seremonial pemberangkatan Calon Jamaah Haji Kota Serang dipusatkan di Islamic Center yang beralamat di Jalan Veteran Nomor 38 dengan persiapan yang harus dilakukan oleh panitia yang terdiri dari izin penggunaan kantung parkir, stiker mobil pengantar, susunan acara seremoni, sterilisasi tempat, dan persiapan petugas pengawal ke Asrama Haji Pondok Gede.

Saat ditanya mengenai teknis pemulangan jamaah, Kepala Kemenag menuturkan rencana pemulangan jamaah haji Kota Serang saat tiba di tanah air terbagi dalam empat tahap pula. Pertama hari Senin (11/09, kedua, hari Kamis (14/09), ketiga hari Kamis (05/10) dan, keempat hari Jumat (06/10).

Selanjutnya, pejabat kelahiran Padarincang Kabupaten Serang ini menerangkan dalam pelayanan yang akan diberikan kepada jamaah setibanya di tanah air pemerintah Kota Serang bersama Kemenag Kota Serang dan instasni lainnya telah menyiapkan pelayanan petugas pengawalan bus jamaah haji, termasuk pengamanan, penurunan, posisi tunggu jamaah haji, teknis seremoni penerimaan jamaah haji dan, teknis jamaah haji keluar. Semua itu akan kami lakukan dengan pelayanan prima, pungkasnya.

Ia berharap, semoga rencana pemberangkatan dan perpulangannya dapat berjalan lancar sesuai rencana. (Yoeds)

Sebelumnya Kepala Kemenag Sidak Ke KUA Se-Kabupaten Serang
Selanjutnya Pokjawas Kemenag Kota Serang Gelar Workshop Peningkatan Mutu Pengawas Madrasah/PAI