Kepala Kemenag Buka Kegiatan Bimtek Data Emis Pada Madrasah Se-Kota Serang


SERANG KOTA (Inmas Kota Serang)_Bertempat di aula MTsN 1 Kota Serang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Serang Machdum Bachtiar membuka kegiatan Bimbingan Teknis atau disingkat BIMTEK Pengelolaan Data EMIS pada Madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Serang, Kamis (13/7/2017). Kegiatan yang dihadiri oleh para peserta yang terdiri dari operator EMIS pada masing-masing tingkat satuan pendidikan tersebut menghadirikan empat narasumber yang kompeten di bidangnya antara lain Kepala Kankemenag Kota Serang Machdum Bachtiar, Kasubag TU Kemenag Kota Serang Kosasih, Operator EMIS Kanwil Kemenag Provinsi Banten Saepudin dan Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kota Serang Sahod Efendi.

Dalam pembukaannya Machdum mengatakan, persoalan data merupakan hal yang amat penting dalam lingkup pekerjaan. Tanpa data tidak mungkin seseorang dapat mengelola informasi dengan baik dan benar. Namun sebaliknya jika informasi tersebut didukung dan diperoleh dengan data yang valid maka sebuah informasi akan bernilai baik pula. Oleh karena itu antara informasi dan data harus sejalan sesuai dengan fungsinya.

Melihat fungsi tersebut terang Machdum, di situ terdapat perbedaan antara informasi dan data. Informasi merupakan data yang telah diproses / diolah sehingga memiliki arti / manfaat yang berguna. Sedangkan data adalah fakta-fakta, angka-angka atau statistik-statistik yang daripadanya dapat menghasilkan kesimpulan. Dengan demikian, ketika memandang nilai informasi dan data amatlah berharga, maka setiap orang yang mengelola data dan informasi harus dapat melakukan pengelolaannya dengan baik. Di satu sisi data nilai informasi berhubungan dengan sebuah keputusan. Hal ini berati bahwa bila tidak ada pilihan atau keputusan, maka informasi menjadi tidak diperlukan. Keputusan dapat berkisar dari keputusan berulang yang sederhana sampai keputusan strategis jangka panjang. Sedangkan parameter untuk mengukur nilai sebuah informasi tersebut, ditentukan dari dua hal pokok yaitu manfaat dan biaya

Berbicara informasi dan data dalam dunia pendidikan Islam, di situ ada Education Management  Information Sytem atau disebut dengan EMIS.  Anda disini akan dibimbing dan dibina dengan pola bimbingan yang sejalan dengan apa yang diharapkan. Di situ pula pola sinergitas dan koordinasi antar pengelola data EMIS dapat terjalin dengan baik antara pusat dan daerah. Oleh karena itu, ikuti kegiatan ini sampai tuntas. Tanyakan kepada narasumber bila terdapat sesuatu yang tak dapat dimengerti. Tutur Machdum.

Kemudian diakhir sambutannya, Doktor lulusan UIN Jakarta tersebut membuka kegiatan Bimtek Pengelolaan data EMIS secara resmi disertai dengan harapan semoga para operator EMIS pada satuan tingkatan pendidikan di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Serang mampu memberikan sumbangsihnya yang terbaik terhadap data dan informasi di dunia pendidikan Islam.  (Yoeds)

 

Sebelumnya KOSASIH: Informasi Akan Bernilai Baik manakala Didukung Dengan Data akurat
Selanjutnya Kemenag Lebak Adakan Pembinaan Panitia Persiapan Bimsik Haji Tingkat Kab. Lebak