Kepala Kemenag Buka Kegiatan Bimbingan Catin Angkatan II


Kepala Kemenag Kota Serang Bachdum Bachtiar buka acara Bimbingan Suscatin Angkatan II di lingkungan Kankemenag Kota Serang

SERANG KOTA, (Inmas Kota Serang)_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Serang Machdum Bachtiar membuka kegiatan Bimbingan Calon Pengantin Angkatan II yang diselenggarakan oleh Seksi Bimas Islam Kankemenag Kota Serang pada  hari Ahad, (27/08/2017), bertempat di aula PSBB MAN 2 Kota Serang. Acara yang dihadiri oleh pasangan muda-mudi ini berasal dari enam kecamatan se-Kota Serang. Tema yang diusungnya adalah “Membentuk Kehidupan Rumah Tangga Berakhlak Mulia, Sakinah, Mawaddah dan Rahmah”.

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan Syahbudin melaporkan kepada Kepala Kankemenag Kota Serang bahwa kegiatan Bimbingan Calon Pengantin ini terbagi dalam dua angkatan yaitu angkatan I yang diselenggarakan pada hari Sabtu kemarin, (26/08), dan angkatan II diselenggarakan hari ini, Ahad, (27/08).

Lanjut Syahbudin, bimbingan calon pengantin merupakan amanat perundang-undangan sebagai persiapan para calon suami dan istri menuju rumah tangga tangga yang sakinah mawaddah dan rahmah. Oleh karenanya, mereka perlu dibekali dengan berbagai materi yang telah dirancang sesuai dengan situasi dan kondisi kekinian. Begitu pula dengan berbagai macam tantangan yang akan dihadapinya dan jawaban-jawaban yang telah dipersiapkannya akan disajikan dalam kegiatan ini, demikan paparnya.

Sementara dalam arahannya, Kepala Kemenag Kota Serang mengatakan bahwa kegiatan bimbingan calon pengantin merupakan salah satu misi yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama Kota Serang sebagaimana tercantum dalam point ketiga yaitu meningkatakan pemahaman dan pengamalan kehidupan beragama. Dengan  demikian, terang Kepala Kemenag, mempersiapkan bekal kepada calon pengantin merupakan wujud nyata melaksanakan misi Kemenag agar mereka (calon pengantin) setelah menjadi pasangan yang sah dapat mengamalkan kehidupan rumah tangganya sesuai dengan ajaran agama Islam yang dianutnya.

Dalam kesempatan ini, kami menghimbau kepada para calon suami dan calon istri agar dapat mengikuti acara ini hingga tuntas. Jangan lewatkan sedikitpun materi-materi yang disajikan fasilitator kepada Saudara”, pesan Kepala Kemenag.

Selanjutnya, orang yang pernah menjabat sebagai Kabid Pendidikan Madrasah pada Kanwil Kemenag Banten ini berharap, mudah-mudahan dengan diselenggarakan kegiatan ini para calon pengantin dapat memahami dan mengamalkan pentingnya arti kehidupan rumah tangga. Berbagai tantangan dan rintangan yang akan dihadapi oleh masing-masing pasangan mampu dijawabnya dengan arif dan bijaksana.

Akhirnya, pria yang bergelar Doktor ini membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin  Angkatan II dengan mengucapkan “BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM”.

Dalam kesempatan lain, Kepala Seksi Bimas Islam Hudari selaku Penanggung Jawab kegiatan mengatakan kepada awak media bahwa kegiatan Bimbingan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin yang diselenggarakan oleh Kemenag Kota Serang merupakan penggabungan dari kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing KUA kecamatan. Pesertanya pun terdiri dari tiap-tiap kecamatan.

Melihat kondisi tersebut, agar pelaksanaan bimbingan catin ini dilaksanakan lebih efesien dalam hal waktu dan lebih menyentuh untuk dipahami dan diamalkan, maka diselenggarakanlah kegiatan ini oleh Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Serang, terang Hudari.

Sumber dana yang digunakan dalam kegiatan ini berasal dari anggaran Pendapat Negara Bukan Pajak atau disingkat PNBP. Jadi, kami gunakan dan manfaatkan dana ini dengan sesuai dengan fungsinya, demikian tandas Hudari. (Yoeds)

Sebelumnya Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag RI & Kakanwil Banten di KUA Kec. Lebak Wangi Kab. Serang
Selanjutnya Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Man 2 Pandeglang