Kepala Kantor Kemenag Tangsel: Islam Memerintahkan Umatnya Untuk Menjadi Dermawan


PAMULANG (Inmas_Tangsel) – Indonesia adalah negara yang rakyatnya memiliki kedermawanan yang sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan membantu orang yang terkena musibah tanpa memandang agama, ras, suku, dan golongan. Bahkan rakyat Indonesia sudah biasa membantu orang yang tidak dikenal.

Dengan sifat kedermawan yang tinggi itulah, hingga akhirnya organisasi amal dunia CAF menempatkan Indonesia di peringkat pertama di dunia sebagai negara yang paling dermawan di dunia mengalahkan Australia, Irlandia Utara, dan beberapa negara maju lainnya.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak, saat menjadi penceramah pada kegiatan Safari Ahad Subuh Berjamaah yang diadakan oleh MUI Tangsel, pada Ahad Subuh (16/12/2018) bertempat di masjid Darul Hikmah, Pamulang, Tangerang Selatan.

Kegiatan Safari Subuh Berjamaah ini dihadiri oleh Ketua Umum MUI Tangsel, KH. Saidih, pengurus MUI Tangsel, Abdul Rojak Sastra, Ahmad Sofyan, Junaedi, Aef Saefudin, Ruslan, Yadih Saidih, Kepala KUA Pamulang yang diwakili oleh Ahmad Syarif Hidayatullah, Ketua Pokjaluh, Tati Astariati, Ketua DKM Masjid Darul Hikmah, Asep, dan jemaah masjid Darul Hikmah.

Lebih lanjut, Kepala Kantor menyampaikan bahwa sifat dermawan rakyat Indonesia lahir dan muncul karena motivasi dari doktrin ajaran agama Islam, di mana Islam mengajarkan nilai-nilai kedermawanan kepada sesama.

“Bahkan di dalam surat Al-Maa’uun, Al-Qur`an mengecam orang yang bakhil yang tidak peduli kepada fakir miskin sebagai pendusta agama. Wa laa yahuddu ‘alaa tho’aamil miskiin, dan orang yang tidak menganjurkan memberi makan orang miskin,” ujar Kepala Kantor.

Dirinya menambahkan bahwa kesholehan seseorang tidak hanya diukur dari ibadah vertikalnya kepada Allah (hablun minallaah), tapi banyak juga ditentukan dari sikapnya kepada sesama (hablun minannaas), salah satunya adalah bersikap dermawan membantu sesama.

Dalam kegiatan tersebut, MUI Tangsel memberi bantuan satu buah laptop kepada MUI Kecamatan Pamulang untuk operasional. Kegiatan Safari Subuh Berjamaah diakhiri dengan sarapan bernama. (Fuay)

Sebelumnya Kasi Pakis Kemenag Tangsel Tekankan Para Siswa Untuk Berbakti Kepada Orangtua
Selanjutnya Kemenag Tangsel Adakan Rapat Persiapan Gerak Jalan Kerukunan Dalam Rangka HAB ke-73 Kementerian Agama RI