KEMENAG PANDEGLANG LAKSANAKAN SOSIALISASI DAN SIMULASI PPKB DAN PK ONLINE


(Humas Pandeglang) – Menjelang dilaksanakannya Pemetaan Kompetensi (PK) online guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada 3 Maret mendatang, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang menggelar sosialisasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) dan simulasi PK online, selama 3 hari pada tanggal 4, 6-7 Februari 2019 lalu di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Pandeglang.

Kegiatan diikuti oleh 197 guru di bawah koordinasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI, dengan rincian SMP sebanyak 130 orang, SMA 45 orang dan SMK 22 orang. Acara dibuka Senin, 4 Februari 2019 oleh Kepala Kemenag Kabupaten Pandeglang H. Endang dihadiri oleh Kepala Seksi PAI Jarkasih, Tim PPKB dan para pengawas PAI. H. Endang dalam sambutannya berpesan agar guru PAI di Kabupaten Pandeglang terus meningkatkan disiplin dan kinerja sebagai guru.

Pengawas PAI Kabupaten Pandeglang H. Ari Hasan Ansori yang menjadi narasumber kegiatan antara lain menjelaskan, PK online adalah salah satu program yang tidak terpisahkan dari PPKB yang dilakukan Kementerian Agama, sebagai upaya meningkatkan kualitas guru PAI. Tahapannya dimulai dari pengisian data evaluasi diri (evadir) sebagai instrumen pemetaan.

Di Provinsi Banten PK online ini akan dilakukan secara serentak pada tanggal 3 Maret 2019 mendatang. Tujuannya untuk melakukan pemetaan kompetensi guru PAI, berkenaan dengan kelemahan, kekurangan dan kekuatannya.

Lebih lanjut H. Ari menjelaskan, dari hasil pemetaan ini kemudian akan dilakukan pembinaan atau penguatan terhadap guru PAI yang memiliki kelemahan dan kekurangan melalui kegiatan PPKB, dalam bentuk Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Bimbingan Teknis (Bimtek) dan lain-lain. Bahkan di masa mendatang hasil PK online akan diitegrasikan ke dalam Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama (SIAGA) dan dijadikan dasar kelayakan mendapatkan tunjangan profesi guru.

Sebelumnya 1.220 SISWA MTS SE-KKM 8 PANDEGLANG IKUTI SIMULASI UNBK
Selanjutnya ORIENTASI SEKSI MUSABAQOH XVIII TINGKAT KOTA CILEGON Th 2019