KEMENAG PANDEGLANG ADAKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN KURIKULUM


Pandeglang (Humas Pandeglang) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang melalui Seksi Pendidikan Madrasah mengadakan kegiatan pengembangan kurikulum RA dan madrasah, Kamis (28/11/2019) di Rumah Makan Fitri Saketi, Pandeglang. Kegiatan bertema meningkatkan kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan dalam implementasi kurikulum madrasah.

Peserta kegiatan sebanyak 50 orang, terdiri dari 10 orang guru RA, 10 orang guru MI, 16 orang guru MTs, 12 orang guru MA dan 2 orang dari Subbag Tata Usaha Kantor Kemenag Kabupaten Pandeglang.

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang Endang yang juga menjadi narasumber pembinaan. Narasumber lainnya adalah Kepala Subbag Tata Usaha Kantor Kemenag Kabupaten Pandeglang Amin Hidayat, Kasi Pendidikan Madrasah Solekhudin dan Kasi Kurikulum dan Evaluasi Kanwil Kemenag Provinsi Banten Hidayat Mustafid.

Dalam sambutan pembukaannya Endang menyampaikan kepada seluruh peserta agar lebih meningkatkan keteladanan, terutama dalam memanage waktu mengajar secara disiplin. Mantan Kasubbag TU Kemenag Kabupaten Pandeglang itu juga mengingatkan para guru, baik PNS maupun non PNS agar memperbaiki SPJ dan LPJ kegiatan untuk menghindari munculnya masalah dalam pemenuhan hak dan kewajiban sebagai guru.

Pengelolaan madrasah yang baik dan berkualitas, lanjut Endang, akan menanamkan rasa ingat di masyarakat. “Untuk menjadi madrasah yang unggul harus mempunyai tenaga pendidik yang berwawasan, memenuhi kualifikasi pendidikan S1 dan memiliki tanggung jawab yang besar terhadap anak didiknya,” tambahnya.

Membahas tentang Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Kasi Kurikulum dan Evaluasi Kanwil Kemenag Provinsi Banten Mustafid, menjelaskan bahwa dasar sah atau tidaknya seorang murid pelajar yaitu dari NISN-nya. Oleh karena itu pengelola madrasah harus melakukan verifikasi dan validasi setiap tahun agar selalu bisa digunakan dan valid.

“Pendidikan di jaman milenial ini memacu kita sebagai orang tua agar bisa lebih memahami alur kehidupan anak-anak generasi penerus bangsa agar tidak salah mengambil langkah di masa depannya. Buang jauh-jauh perilaku hanya melarang anak kita tanpa mengarahkan. Beritahulah apa yang baik dan tidaknya untuk mereka arti internet di jaman era globalisai ini agar lebih bermanfaat,“ ujarnya.

Sedangkan Kasi Pendidikan Madrasah Solekhudin menyampaikan kepada guru-guru yang hadir agar mempunyai konsistensi, disiplin dan kejujuran dalam bertugas. “Tunjukan kepada masyarakat bahwa madrasah adalah lembaga yang mempunyai moralitas yang tinggi,” pesannya.

Sebelumnya GANDENG POLDA BANTEN, KEMENAG PANDEGLANG SOSIALISASIKAN SABER PUNGLI
Selanjutnya FKUB KABUPATEN PANDEGLANG GELAR DIALOG DAN SOSIALISASI