KEGIATAN BIMBINGAN CATIN ANGKATAN VII & XI KANTOR KEMENAG KOTA CILEGON


CILEGON – (Inmas Bimas Islam Cilegon) Kementerian Agama Kota Cilegon melaksanakan Kegiatan Pembinaan Calon Pengantin (Catin)  angkatan VIII dilaksanakan Selasa (26/11/2018) sedangkan  angkatan XI Kamis (29/11/2018) masing-masing selama 2 (dua) hari,  dalam kesempatan Narasumber  diantaranya : H.Isomudin,  H. A. Halilurrohman, H. Inas Nasrullah, H. A. Rofikul, Kasi Bimas Islam sekaligus membuka acara dan memberikan materi mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Cilegon.

Acara kegiatam yang hadiri peserta sebanyak 25 (dua puluh lima) pasang calon pengantin berjumlah 50 orang peserta yang terdiri  dari  KUA Kecamatan Citangkil, KUA Kecamatan Ciwandan, KUA Kecamatan Pulomerak, KUA Kecamatan Gerogol, KUA Kecamatan Purwakarta, KUA Kecamatan Cilegon, KUA Kecamatan Jombang, dan KUA Kecamatan Cibeber,  jumlah yang hadir saat pembukaan kegiatan hanya 39 orang.

Materi disampaikan para Narasumber yang handal dan bersertifikat, telah mengikuti Diklat fasilitator selama 5 (lima) hari, diselenggarakan oleh Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI di Jakarta, pembahasan materi yang disampaiak diantaranya : Mempersiapkan Perkawinan yang Kokoh menuju Keluarga Sakinah, Mengelola dinamika perkawinan, Memenuhi kebutuhan keluarga, Menjaga kesehatan reproduksi, Mempersiapkan Generasi berkualitas, Mengelola membangun ketahanan keluarga, pelaksanaan kegiatan dimaksud sejak angkatan pertama masing-masing angkatan dilaksanakan selama 2 (dua) hari.

Kasi Bimas Islam (H.Isomudin) dalam penyampaian evaluasi kegitana bahwa ada beberapa kelemahan  pertama : para peserta Calon Pengantin (Catin) dalam mengikuti kegiatan diantaranya: perusahan dimana catin yang bersangkutan bekerja tidak mengijinkan yang bersangkutan mengikuti kegiatan catin sampai selesai, tempat tinggal catin ada yang diluar Kota Cilegon, tingkat pendidikan rendah sehingga pada saat diskusi kelompok kurang optimal, mengemukakan pendapat dan masukan masih malu-malu, sesuai hasil pelaksanaan diklat catin para narasumber menerapkan teknik pembelajaran menggunakan teknik ceramah, diskusi, permainan/simulasi dan tanya jawab, Kedua : kelemahan dalam segi perencanaan keuangan dalam penyelesaian SPJ kegiatan pada bendahara, panitia sudah siap untuk melaksanakan kegiatan namun bendahara keuangan belum siap untuk memenuhi permohonan kegiatan sehingga kegiatan diundur beberpa waktu.

Pendapat peserta Catin ( Putri Candara) banyak ilmu dan pengetahuan yang didapat terutama yang menarik materi-materi penyelesaian konflik rumah tangga dan  Perkawinan yang kokoh, harapanya Kementerian Agama dalam kegiatan catin dapat ditingkatkan terutama ada sekedar pengganti transpot untuk peserta, dalam hal konsumsi dan akomododasi sudah bagus, ruangan kegiatan ber AC, Snack pagi sore, kopi,  makan siang dengan menu sederhana sesuai selera, masing-masing  peserta  Calon Pengantin (Catin) mendapatkan  buku modul perkawinan.

Kasi Bimas Islam menekankan pada peserta Calon Pengantin (Catin), dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal, sebelum pelaksanakaan Akad Perkawinan agara kedua  Calon Pengantin (Catin) datang ke Kantor Urusan Agama untuk mendapatkan  pendalaman materi bimbingan dan pengecekan data administrasi perkawinan ( nama wali, maskawin) untuk dituangkan ke data Buku Perkawinan dan langsung diserahkan Buku Perkawinan saat setelah selesainya pelaksanaan akad Perkawinan yang bersangkutan, pelayanan kegiatan Bimbingan Perkawinan pra Perkawinan maupun dokumen administrasi perkawinan  merupakan ikhtiar Kantor Kementerian Agama Kota Cilegon agar Calon Pengantin (Catin) bisa menikmati layanan cepat, murah dan sederhana serta layanan bimbingan membangun keluarga yang mempunyai pondasi yang kokoh, mengingat banyak pasangan Catin yang belum tahu cara mengelola keluarga, penanganan konflik dan pengelolaan ekonomi keluarga. (Kontributor :Kasi Bimas Islam Kota Clg)

Sebelumnya MTsN 5 Tangerang Menerima Bantuan Perpustakaan dari CSR Sinar Mas Land
Selanjutnya KKM MTs NEGERI 3 KOTA CILEGON ADAKAN KEGIATAN WORKSHOP PENELITIAN TINDAKAN KELAS