Jumat, 20 April 2012, 10:22 –
PEMBINAAN ADMINSTRASI NIKAH DAN RUJUK DI LINGKUNGAN KANTOR KEMENAG KOTA SERANG

Kota Serang, Sabtu tanggal 31 Maret 2012 lalu Kantor Kementerian Agama Kota Serang melalui Seksi Urusan dan Penerangan Agama Islam mengadakan kegiatan pembinaan adminstrasi nikah dan rujuk, yang bertempat di aula PSBB MAN 2 Serang, Jl. Ciwaru Raya Nomor 1A. Kota Serang. Kegiatan ini diikuti oleh para pegawai Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kota Serang dengan jumlah peserta sebanyak 51 (lima puluh satu) orang, terdiri dari para pegawai diwilayah KUA Kecamatan Serang, Walantaka, Taktakan, Curug, dan Cipocok Jaya. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kementerian Agama Kota Serang, Bapak Drs. H. Mahmudi, M. Si.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan pengelolaan pemungutan dan pembayaran atas beban anggaran pendapatan dan belanja negara serta mekanisme penggunaan angaran yang pagu dananya bersumber dari setoran penerimaan negara bukan pajak atas biaya nikah dan rujuk. Selain itu pula untuk menjamin kelancaran dan tertib atas biaya pencatatan nikah dan rujuk, dan untuk menjamin kelancaran dan tertib pelaksanaan pengelolaan biaya pencatatan nikah dan rujuk, perlu adanya pembinaan pengelolaan administrasi nikah dan rujuk pada Kantor Urusan Agama.

Maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut antara lain :

1) Mempersiapkan administrator dalam pengelolaan nikah/rujuk;

2) Melaksanakan pembinaan terhadap peran dan fungsi pelaksana administrasi dalam mengelola nikah / rujuk;

3) Meningkatkan fungsi pelayanan nikah/rujuk pada tiap-tiap Kantor Urusan Agama (KUA;

4) Terwujudnya lingkup kerja yang kondusif pada Kantor Urusan Agama (KUA).

Adapun narasumber dalam kegiatan ini terdiri dari pejabat di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Banten, pejabat dan pelaksana di lingkungan Kan-Kemenag Kota Serang, di antaranya Drs. H. Mahmudi, M. Si. selaku Kepala Kan-Kemenag Kota Serang, Drs. H. Suaidi, M. Pd. Selaku Kasubbag TU Kan-Kemenag Kota Serang, Drs. H. Iskandar Bunyamin, MM. selaku Kabid Urais Kanwil Kemenag provinsi Banten, dan M. Saekhu, S. Ag. dari unsur pelaksana TU Kan-Kemenag Kota Serang.

Sedangkan materi yang dipaparkan pada kegiatan ini yaitu:

1) Kebijakan Kantor Kemenag Kota Serang dalam peningkatan kualitas pelayanan kehidupan beragama;

2) Prinsip-Prinsip Administrasi Perkantoran Modern;

3) Sistem Pengelolaan Laporan Nikah dan Rujuk; serta

4) Teknis Pengisian Administrasi Nikah dan Rujuk.

Dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan agar para pegawai KUA mampu melayani dan mengelola administrasi nikah dan rujuk pada KUA masing-masing. (Humas/MS)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.034005 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 416721
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.