Kamis, 11 April 2013, 23:45 – Bidang Haji & Umroh
Kanwil kemenag Banten adakan seleksi calon Petugas kloter dan PPIH arab saudi tahun 1434 H/2013 M

Banten-Kemenag, Berdasarkan Undang-undang Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, bahwa penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas nasional sehingga seluruh komponen bangsa Indonesia bertanggungjawab dalam hal pelaksanaan ibadah haji, baik ketika masih di dalam negeri maupun di Arab Saudi. Berkenaan hal ini Kementerian Agama sebagai penyelenggara utama pelaksanaan ibadah haji dengan berkoordinasi dengan berbagai institusi pemerintah/swasta dan unit kerja terkait dalam rangka memberikan dan meningkatkan pembinaan, pelayanan dan perlindungan terhadap jema’ah haji serta menyempurnakan manajemen haji.

Petugas Haji Indonesia memiliki tanggung jawab dan tugas yang berat, oleh karenanya diperlukan seleksi untuk menentukan tingkat profesionalitas petugas tersebut, baik dari aspek administrasi, kompetensi dan juga kapabilitas.

Dalam pedoman rekrutmen ini diatur persyaratan menjadi petugas haji Indonesia, baik persyaratan khusus ataupun persyaratan umum. Petugas haji terdiri dari :1. Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI)2. Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI)3. Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) => menjadi kewenangan Kementerian Kesehatan 4. Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPIH) Arab Saudi

Kegiatan seleksi ini dimaksudkan untuk Menyiapkan calon petugas haji kloter dan PPIH Arab Saudi yang memenuhi kriteria persyaratan administratif, personal dan profesional, memilih calon petugas haji kloter dan PPIH Arab Saudi yang memiliki semangat pelayanan dan dedikasi yang tinggi dan mengirimkan delegasi petugas haji asal Banten yang patriotis-Islami dalam memperlancar kegiatan jemaah dalam beribadah haji.

Segenap karyawan Kemenag se-Banten, Perguruan Tinggi dan Ormas Islam dan Pondok Pesantren menyambut baik rekrutmen ini sehingga jumlah pendaftar pada hari Jum’at, 5 April 2013 sebagai masa akhir pendaftaran sebagai berikut : Seleksi dilakukan dengan cara : 1. Uji Administrasi2. Uji Kompetensi Awal (tertulis)3. Uji Kompetensi Kedua (tertulis dan interview)

Tahapan uji/tes kompetensi secara prosedural ditempuh berdasarkan Pedoman Rekrutmen Petugas Haji Indonesia untuk mengisi formasi petugas musim haji 1434 H/2013 M dari Provinsi Banten sejumlah : TPHI 19 orang, TPIHI 19 orang, PPIH 6 orang. Harapan di akhir kegiatan ini terpilih petugas haji terbaik dari seluruh peserta tes yang memenuhi kriteria persyaratan administratif, personal dan profesional yang akan mengemban amanah Agama dan Bangsa dalam rangka mewujudkan pelayanan kepada jemaah haji menuju haji mabrur berdasar ridlo Allah SWT. dengan motto :“Ikhlas Melayani, Anda Mabrur Kami Bersyukur”. (Tb. Juwaeni)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.774586 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.54
Jumlah pengunjung: 452497
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.