Ikhlas Beramal di Hari Amal Bhakti Ke 74 Kementerian Agama Republik Indonesia


Oleh : H Ade Baijuri S.Pd.I M.Si

Kasubbag Ortala dan Kepegawaian Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Banten

 

Pada tahun ini hari Amal Bhakti Kementerian Agama republik Indonesia genap berusia 74 tahun. Hal ini tentu diharapkan menjadi penyemangat seluruh masyarakat Indonesia, khususunya para pegawai kementerian Agama Republik Indonesia untuk terus menintai tanah air ini. Bertambahnya angka dalam perjalanan hidup tentu diharapkan pula berbanding lurus dengan peningkatan kualitas baik secara individu maupun kelembagaan. Oleh karena itu sejatinya lembaga pemerintahan baik Kementerian Agama ataupun lembaga-lembaga lainnya bukan hanya sebagai ajang penghidupan apalagi ajang adu gengsi, tetapi adalah sebagai cara kita berkontribusi dan mengabdi kepada negara dan bangsa ini. “Jangan memikirkan apa yang kau dapat dari Kementerian Agama, tapi apa yang bisa kau berikan kepada Kementerian Agama” Begitu kira-kira bahasa sederhana yang bisa mewakili momentum kali ini.

Banyak dari kita yang lupa bahwa Me dan Di bukanlah sekadar bahasa imbuhan tapi akumulasi dan kausalitas atas apa yang kita kerjakan di kehidupan ini. Kalau mau dihormati, sebaiknya terlebih dahulu menghormati, kalau mau dikasihi sebaiknya terlebih dahulu mengasihi dan kalau mau diberi sebaiknya terlebih dahulu memberi, begitu seharusnya yang terbersit di hati kita.

Lima Nilai Budaya Kerja sejatinya tertuang dalam tema Hari Amal Bhakti tahun ini “Umat Rukun, Indonesia Maju”. Bagaimana mungkin sebuah negara bisa maju dengan keadaan terpecah belah? Bagaimana mungkin kinerja bisa ditingkatkan sementara hati penuh dengan caci dan benci? Tema ini tentu bukan sekadar kalimat tapi juga menjadi doa dan harapan Kementerian Agama.

Rasulullah SAW Bersabda :

“Perumpamaan kaum mukmin dalam sikap saling mencintai, mengasihi dan menyayangi, seumpama tubuh, jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh yang lain akan susah tidur atau merasakan demam.” [HR. Muslim]

Hadits tersebut adalah bukti dan penguat ikhtiar Kementerian Agama untuk terus menjaga dan meningkatkan kesatuan dan persatuan demi terciptanya umat rukun dan Indonesia maju. Semoga tujuan dan niat baik tersebut tercapai, Amin.

Tahun ini Kementerian Agama kembali membuka peluang bagi putra/I terbaik bangsa untuk ikut aktif dalam memajukan Kementerian Agama. Saya ucapkan selamat bagi adik-adik yang dinyatakan lulus administrasi beberapa waktu lalu, semoga diberi kesehatan dan kelancaran untuk mengikuti tahapan selanjutnya. Dan bagi yang belum memenuhi syarat administrasi, percayalah masih banyak peluang di luar sana dan insyaAllah Allah,SWT mempersiapkan ladang amal di tempat lainnya, Amin.

Sebelumnya Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti ke 74 di Lingkungan Kemenag banten
Selanjutnya Kemenag Tangsel Sambut HAB ke-74 dengan Zikir dan Doa Bersama