FKUB Kabupaten Tangerang Menggelar Acara Buka Bersama


KABUPATEN TANGERANG (Inmas Kabupaten)__Forum Kerukunan Umat Beragama  (FKUB) Kabupaten Tangerang bekerjasama dengan Yayasan Puan Amal Hayati menggelar Acara Buka Bersama Ibu. Dra. Hj. Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, M. Hum. Acara ini dilaksanakan Selasa, 30/05 di Gedung Serba Guna Pemda Kabupaten Tangerang sebagai bentuk kerukunan umat beragama di Kabupaten Tangerang. Dengan mengusung tema: “ Dengan Berpuasa  Kita Genggam Erat Nilai Demokrasi dan Kebhinnekaan”, kegiatan ini memiliki maksud untuk mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan antar umat manusia melalui kerjasama antar umat beragama dalam membangun solidaritas kemanusiaan, merawat nilai-nilai pluralisme dan hidup berdemokrasi . Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat tali persaudaraan dan kerukunan antar warga masyarakat,  melakukan pendidikan warga (civic education) tentang sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan dan anti kekerasan, serta membangun jaringan kerjasama kemanusiaan dan anti kekerasan antar umat beragama.

Menurut KH. Muhammad Ardani selaku Ketua Panitia,  Buka bersama ini mengundang para dhu’afa, anak yatim, para petugas kebersihan, pekerja bangunan, tukang ojek dan sebagainya yang berada di lingkungan Tigaraksa. Kebahagiaan warga terlihat dengan jelas dapat menikmati buka bersama Ibu Gusdur dan para Pejabat yang hadir baik di lingkup Pemda Kabupaten Tangerang maupun instansi vertikal seperti Kementerian Agama Kabupaten Tangerang, Kodim 0506, Polres Kota Tangerang, MUI, DMI, serta Tokoh-tokoh Lintas Agama. Hadir juga pada kesempatan itu, DR. H. A. Bazari Syam – Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten didampingi oleh H. Asep Maman Kurnia – Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang dan Prof. DR. H. Suparman Usman – Ketua FKUB Provinsi Banten. Ini menunjukkan eratnya hubungan antara pemerintah, tokoh-tokoh lintas agama, dengan masyarakat.

Acara ini didanai oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang dan seluruh komunitas Agama serta pihak swasta. “Ini menunjukkan kerjasama yang baik dalam membina kerukunan umat beragama”, kata KH. Maski. Ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung baik materiil maupun spirituil disampaikan oleh KH. Maski selaku Ketua FKUB Kabupaten Tangerang. “Tidak benar ada intoleransi di Kabupaten Tangerang. Kabupaten Tangerang adalah Kabupaten yang damai dan penuh toleransi.” kata KH. Maski. Dalam sambutannya beliau juga mengucapkan terima kasih pada Ibu Hj. Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid yang telah memberi kepercayaan pada FKUB Kabupaten Tangerang untuk menyelenggarakan kegiatan Buka Bersama tersebut. FKUB berharap acara ini bisa menjadi sarana pemersatu bangsa ditengah menurunnya rasa kebhinnekaan.

Ibu Gusdur menyampaikan ucapan terimakasih pada FKUB Kabupaten Tangerang yang telah berusaha mensukseskan acara.” Semoga suasana di Kabupaten Tangerang harmonis dengan terjalinnya tali persaudaraan dan kerukunan antar warga masyarakat”, harap Ibu Gusdur dalam sambutannya. Nada yang sama juga disampaikan oleh H. Heri Haryanto – Asda I Kabupaten Tangerang, Bupati sangat mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Masyarakat Kabupaten Tangerang adalah masyarakat yang religius yang cinta damai. Apresiasi yang luar biasa disampaikan kepada Panitia dari FKUB Kabupaten Tangerang serta para pendukung dari semua komunitas agama.

Di penghujung acara diberikan santunan terhadap 500 orang yang terdiri dari para dhuafa’, anak yatim, para petugas kebersihan, dan para petugas taman sebagai bentuk kepedulian sosial dari FKUB Kabupaten Tangerang. Selain itu diberikan pula penghargaan bagi para pihak yang telah mendukung suksesnya acara yaitu: Bupati Tangerang, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang, Kapolres Kota Tangerang, Dandim 0506 Tangerang, PDAM Kerta Raharja, DMI Kabupaten Tangerang, PC Nahdlatul Ulama Kabupaten Tangerang, Gereja Katolik Odilia Citra Raya, Gereja Katolik Santa Maria Benteng Gading, Gereja Katolik Santo Gregorius Agung, Gereja Katolik Santa Helena, HKBP Kabupaten Tangerang, GKI  Gading Serpong, Forum Umat Buddha, Wihara Ekayana Serpong, Majelis Tinggi Agama Khong Hu Chu Indonesia (MATAKIN), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Tangerang, Yayasan Pendidikan Pelita Harapan, Manajemen Citra Raya, dan Manajemen Summarecon. 30/05/2017 (pri/qiw)

Sebelumnya Rapat Koordinasi Eksternal Operasi Ramadniya Kalimaya 2017
Selanjutnya DUA PEJABAT KANKEMENAG TAUSIAH BERSAMA