EMPAT PULUH PENDIDIK KKM MADRASAH ALIYAH 2 DIKLAT


Kasi Penma Kankemenag Kota Cilegon Dra. Hj. Titim Fatimah, M.M. Bersama Ketua Panitia H. Mulyadi, S.Pd. dan Pengawas Dra. Hj Wiwin Darwini Dalam Pembukaan Diklat Tenis Substantif Penilaian Pembelajaran Bagi Guru MA Pada KKM MAN 2 Kota Cilegon di Aula Kankemenag Kota Cilegon Senin, 25 Juni 2018

CILEGON-Inmas ( Kankemenag Kota Cilegon), Sebanyak 40 Pendidik di Lingkungan KKM MAN 2 Kota Cilegon mendapatkan Diklat Teknis Substantif Penilaian Pembelajaran Bagi Guru MA di KKM MAN 2 Kota Cilegon dari tanggal 25 s.d. 30 Juni 2018 bertempat di Aula Kankemenag Kota Cilegon Jl. Sukabumi II Kav. Blok I Ciwedus Cilegon Banten. Hadir dalam acara pembukaan kegiatan Kasi Penma Hj. Titim Fatimah, Pengawas Hj. Wiwin Darwini, seluruh peserta diklat dari KKM MAN 2 Kota Cilegon, Panitia Kegiatan dari Balai Diklat Keagamaan Jakarta dan Narasumber/Widyaiswara.

Dalam laporan kegiatan Ketua Panitia H.Mulyadi mengatakan: “ Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi Guru. Adapun tujuan kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan ketrampilan dan sikap yang mampu mewujudkan perilaku yang sesuai dengan fakta, konsep, prosedur dan metakognitif dalam kehidupan sehari-hari. Untuk materi 24 Jam Pelajaran Teori dan 36 Jam Pelajaran Praktek yang dikelompokkan dalam kelompok dasar, kelompok inti dan kelompok penunjang. Kelompok Dasar terdiri dari: Pembangunan Bidang Agama; Pengembangan Sumbar Daya Manusia Kementerian Agama; Peningkatan Kualitas Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan. Kelompok Inti terdiri dari: Konsep Dasar Penilaian Pembelajaran; Pemetaan Kompetensi Pembelajaran; Penilaian Kompetensi Sikap; Penilaian Kompetensi Pengetahuan; Penilaian Kompetensi Ketrampilan dan Praktik Analisis Butir Soal. Kelompok Penunjang terdiri dari: Pengarahan Program; Building Learning Commitment ( BLC ); Evaluasi Program dan Rencana Tindak Lanjut.”

Kegiatan Diklat Teknis Substantif Penilaian Pembelajaran Bagi Guru MA Pada KKM MAN 2 Kota Cilegon tahun 2018 dibuka langsung oleh Kasi Penma Hj. Titim Fatimah mewakili Kepala Kantor yang sedang dinas luar.

Dalam sambutan pembukaan Hj Titim panggilan keakraban Kasi Penma Kankemenag Kota Cilegon mengatakan : “ Kita sebagai Pendidik yang mengikuti Diklat ini musti bersyukur dan berterimakasih kepada Pengawas KKM MAN 2 Kota Cilegon Hj. Wiwin Darwini yang telah mengusulkan kegiatan ini dapat dilaksanakan di Kota Cilegon. Syukur dan terimakasih patut kita sampaikan kepada Kepala Balai Diklat Keagamaan Jakarta Bapak Dr. Ir. H. Achmad Firdaus, M.M., yang mempercayakan terlaksananya kegiatan ini di Kankemenag Kota Cilegon. Peserta yang begitu semangat patut mendapatkan apresiasi karena begitu antusias, mohon kegiatan ini dapat diikuti sampai dengan selesai. Materi ini sangat penting untuk diaplikasikan di sekolah masing-masing, karena tugas Pendidik tidak hanya mengajar saja, tetapi juga membimbing, merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi. Perlu saya ingatkan bahwa Peserta didik beranekaragam maka perlu pendekatan yang sesuai supaya Pendidik lebih dekat dengan Peserta Didik, sehingga perkembangan Peserta Didik lebih baik lagi. Harapan kami Madrasah saling mendukung mulai dari MI, MTs dan MA saling berkesinambungan dan berkelanjutan agar Madrasah lebih baik. Mohon ijin kepada Panitia jika ingin meninggalkan tempat agar dapat lulus dan ikuti peraturan yang telah ditentukan dengan kesungguhan hati.”

Selamat kepada seluruh Peserta Diklat untuk berkonsentrasi menimba ilmu dari Widyaiswara dan sesama Peserta sehingga dapat diaplikasikan kepada Peserta didik di Madrasah. Mari bersama sama mewujudkan Madrasah yang mampu bersaing dan Madrasah lebih baik, lebih baik Madrasah. ( Abdullah Suko/TIM ).

Sebelumnya Kemenag Tangsel Gelar Halal Bi Halal
Selanjutnya ITJEN KEMENAG RI SIDAK DAN EVALUASI KEHADIRAN PARA PEGAWAI DI LINGKUNGAN KEMENAG LEBAK