DINAS KESEHATAN DAN KEMENAG KOTA CILEGON GELAR RAKOR PROGRAM KESEHATAN REPRODUKSI TERPADU


CILEGON – (Inmas Bimas Islam Kemenag) Dinas Kesehatan Kota Cilegon, melaksanakan Rapat Koordinasi Program Kesehatan Reproduksi  yang bertempat di Aula Dinkes Kota Cilegon Jl. Pangeran Jayakarta No. 47,  Jum’at (07/12/2018) dengan mengusung tema “Dengan Koordinasi kita kuatkan komitmen antar petugas Puskesmas dalam pelaksanaan pelayanan Catin di Kota Cilegon”, peserta kegiatan tersebut dihadiri 50 (lima puluh) orang peserta  terdiri dari: Bidang Kesmas, Bidang P2PL, DP3AKB, DINDIK, Kementerian Agama, P3KC, FKCM, TP.PKK, FOPKIA,  Kepala, Bidkor, dan Pengelola Program PKRT UPTD Puskesmas se-Kota Cilegon  dan undangan lainnya.

Kepala Dinkes Kesehatan Kota Cilegon yang diwakili oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat,menyampaikan presentasinya tentang: Implementasi program dan rencana strategis pelayanan kesehatan pada Catin, menyampaikan Kesehatan reproduksi remaja adalah suatu kondisi sehat yg menyangkut sistem, fungsi dan proses reproduksi yg dimiliki oleh remaja, sehat disini bukan semata-mata bebas dari penyakit atau kecacatan namun juga sehat mental dan sosial kultural.

Pusat Pelayanan Dan Perlindungan Keluarga Cilegon (P3KC) menyampaikan presentasinya, tentang Kerjasama Kegiatan Pembinaan Catin di KUA Citangil, bahwa calon pengantin secara pisikologis dalam mempersiapkan mental, untuk menghadapi pernikahan dan menjadi orang tua harus mampan secara pisikologis, P3KC dapat bekerjasama untuk menangani korban tindak kekerasan, maupun kekerasan dalam rumah. Tujuan kegiatan pembinaan catin dimaksud agar terciptanya sakinah mawadah warohmah dan harmonis, agar jangan terjadi kekerasan dalam rumah tangga maupun kekerasan terhadap perempuan atau anak, menurunkan angka kekerasan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan penting penanganan terhadap kekerasan dalam ibu rumah tanga.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan pula dari Bidang HIV/AIDS (Rizikiawan) pemeriksaan dan skrening pada ibu hamil dalam mencegah penularan HIV/AIDS, dari peserta (Novita) menyampaikan pengidap HIV/AIDS tahun 2017 cukup tinggi sedangkan tahun 2018 menurun di Kota Cilegon, Kepala UPTD Puskesmas Pulomerak (H. Fasisal) menyampaikan dalam kondisi sekarang perlunya melakukan MOU antara Dinkes dengan Kemenag tentang penaganan Binwin bagi Catin untuk mengantisipasi terjadinya hamil muda.

Sementara itu Kasi Bimas Islam (H.Isomudin) mewakili Kepala Kantor Kemenag Kota Cilegon, menyampaikan presentasinya tentang Kebijakan Kementerian Agama dalam Program Binwin Catin, bahwa keluarga merupakan fondasi  yang penting dalam pembangunan sumber daya manusia, keluarga merupakan komponen Utama dalam pencapaian pembangunan berkelanjutan yang disepakati oleh Perserikatan Bangsa-bangsa secara Internasional, keluarga kokoh dan tangguh merupakan kebutuhan mendasar dari suatu negara, target pelaksanaan Binwin catin tahun 2018 samapi 14 (empat belas angkatan), yang telah dilaksanakan XI angkatan, setiap angkatan 50 orang/25 pasanga catin, target tahun 2018 Insyaalah  Binwin Catin akan tercapai. Dalam Pelaksanaan kegiatan Binwin Catin di KUA se-Kota Cilegon dari delapan KUA Kecamatan sudah melakukan MOU sejak tahun 2016 dengan Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan se-Kota Cilegon, salah satu UPTD Puskesmas Citangkil dengan Kantor Urusan Agama (KUA) di wilayah Kecamatan Citangkil No. 800/009/TU/2016 tentang Penyuluhan Kesehata Reproduksi dan Pemeriksaan Kesehatan pada Calon Pengantin  dan UPTD Puskesmas Cibeber dengan Kantor Urusan Agama (KUA) di wilayah Kecamatan Citangkil No. 441/15b/TU/2016 Tentang Penyuluhan Kesehatan Catin & Konsultasi Kesehatan Fokus pada usia dibawah 20 Tahun, jadwal pelaksanaanya dilakukan setiap hari selasa, tempat di KUA Kecamatan masing-masing. (Kontributor :Kasi Bimas Islam Kota Clg)

Sebelumnya Rutan Polres Tangsel Adakan Sholat Jum’at di Rutan
Selanjutnya Salah Satu Sunnah Rasul Adalah Memiliki Sahabat Yang Baik