Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Tangsel Gelar Raker dan Wisata Religi


CIPANAS (Inmas_Tangsel) – Setelah lima hari dilantik, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Tangsel periode 2018-2023, menggelar Rapat Kerja (Raker) bertempat di Villa Islami Cipanas, Jawa Barat. Raker yang digelar pada tanggal 18-20 Januari 2019 ini dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak.

Turut hadir pada Raker ini, Kasubag TU Kemenag Tangsel, Nurhasan, Ketua DWP Kemenag Tangsel, Ratu Nuraeni, beserta pengurus dan anggota DWP Kemenag Tangsel, istri dari para pegawai kantor, pengawas, KUA, penyuluh, madrasah, dan keluarga besar Kemenag Tangsel.

Ketua DWP Kemenag Tangsel, Ratu Nuraeni, dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih, terutama kepada Kepala Kantor Kemenag Tangsel dan seluruh panitia, yang telah membantu dan bekerja keras sehingga acara Raker dapat berjalan lancar.

Dirinya menjelaskan bahwa Raker tersebut bertujuan untuk merumuskan program kerja yang akan dilakukan satu tahun ke depan dari masing-masing bidang, sehingga ada sinkronisasi dan sinergitas dalam melaksanakan program kerja.

“Dharma Wanita harus turut berkontribusi dalam menyelesaikan masalah bangsa skala prioritas, seperti pembinaan pendidikan, pemberdayaan ekonomi produktif dan kreatif, serta implementasi hidup sehat, baik kepada anggota maupun kepada masyarakat,” ujarnya.

Ratu mengajak semua pengurus dan anggota DWP Kemenag Tangsel untuk turut aktif dan berperan serta sebagai motivator lapangan, dan dapat terus meningkatkan kualitas diri sehingga menjadi pelaku utama dalam ketahanan keluarga.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak, dalam sambutannya setelah membuka Raker mengatakan DWP adalah organisasi resmi yang diatur oleh UU Nomor 17 tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan.

“DWP memiliki peran yang cukup besar dalam kehidupan, baik dalam kehidupan berkeluarga, bahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam keluarga DWP memiliki peran pokok, yaitu sebagai istri/pendamping suami dan sebagai ibu bagi anak-anaknya. Sebagai Istri, wanita diharapkan dapat menjadi teman/partner hidup bagi suami, dapat menjadi penasehat yang bijaksana dan pendorong bagi suami,” ujarnya.

Kepala Kantor mendorong seluruh anggota DWP Kemenag Tangsel untuk melaksanakan berbagai kegiatan, baik kegiatan sosial maupun kegiatan perekonomian di daerah masing-masing.

“DWP harus bisa berkreasi dan berinovasi dalam menjalankan program kerja dengan dana yang bersumber dari luar Kemenag. Saya yakin setiap anggota mempunyai jaringan yang dapat dijadikan partner atau sponsorship. Jangan sampai karena tidak adanya anggaran, program tidak bisa berjalan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kepala Kantor berharap DWP Kemenag Tangsel selalu solid, persaudaraannya semakin kompak, mengingat para pengurusnya sangat kredibel dan berkualitas.

“Saya juga berharap organisasi ini sebagai sarana untuk belajar, untuk mencari ilmu, belajar public speeking, dan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas dan pencerahan bagi anggotanya. Juga belajar untuk saling memahami, saling menghargai, dan belajar untuk mudah saling memaafkan,” tandasnya.

Kepengurusan DWP Kemenag Tangsel terdiri dari beberapa bidang, yaitu bidang pendidikan, bidang sosial dan ekonomi, bidang seni budaya dan olahraga, bidang kerohanian, dan bidang kehumasan. Dalam Raker ini, setiap bidang membuat program kerja yang akan dilakukan satu tahun ke depan. Bidang Ekonomi dalam waktu dekat akan mendirikan Kantin DWP di lingkungan kantor Kemenag Tangsel, diharapkan pada bulan Februari 2019 sudah dapat berjalan.

Selain Raker, dalam dua hari tersebut juga dijadikan sebagai Wisata Religi yang diisi dengan beberapa kegiatan, antara lain senam bersama, tukar kado, dan aneka perlombaan. Hal tersebut bertujuan untuk mempererat jalinan persaudaraan antar anggota DWP Kemenag Tangsel.

Diharapkan keberadaan DWP Kemenag Tangsel ini akan memberi kontribusi positif, baik untuk anggotanya maupun untuk masyarakat luas. (Fuay)

Sebelumnya SEKSI PENMA GELAR RAPAT TEKNIS HARMONISASI DAN PEMETAAN BASELINE MADRASAH BERSAMA POKJAWAS
Selanjutnya SMA Al-Azhar BSD Tangsel Adakan Edu Fair 2019