Belajar Pendidikan Demokrasi, MTsN 5 Serang Gelar Pemilu OSIS 2018

MTsN 5 Serang Melaksanakan Pemilu OSIS Periode 2018-2019

Wakamad Bidang Kesiswaan Menunjukkan Surat Suara

Puloampel (Humas)- Pendidikan demokrasi di MTsN 5 Serang diberikan sejak dini, untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman pada siswa tentang tata cara pemungutan suara yang biasanya dilakukan saat pemilu. Selain itu agar siswa mampu bertanggung jawab dengan siapa yang dipilihnya.

Kurang lebih 500 siswa dan siswi MTsN 5 Serang, mengikuti pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS layaknya sistem pemilu pada Rabu (31/01).

Pemilihan ini berlangsung di lapangan serba guna madrasah yang dihadiri oleh kepala sekolah, seluruh dewan guru, staff dan seluruh siswa. Para siswa itu bersemangat menyimak arahan dari pembina OSIS tentang tata cara pemilihan yang sesuai dengan aturan pemilu.

Mereka dibagi menjadi petugas di tempat pemilihan suara (TPS), pemilih, panitia pengawas, saksi dari kandidat, pengamanan, dan lain-lain.

Acara dimulai tepat pukul 07.00 wib pada saat jam pertama. Semua petugas sudah ada di TPS, lalu melakukan persiapan dengan mensetting tempat pemungutan suara (TPS) agar tidak terjadi penyalahgunaan yang berakibat pada tidak murninya hasil pemungutan suara.

Pembina OSIS memberikan arahan dan tata cara pemungutan suara dan menghimbau agar anak-anak memilih pemimpin mereka sesuai dengan hati nurani mereka tanpa paksaan karena pilihan mereka dan tidak golput dalam pemilihan karena satu pilihan berakibat baik untuk madrasah khususnya kepengurusan OSIS satu tahun yang akan datang.

Pemilihan dilakukan dengan siswa dan siswi mengambil surat suara kemudian dipandu oleh seluruh dewan guru memasuki bilik suara dan terakhir memasukkan surat suara kedalam kotak pemilihan suara sesuai dengan jenjang kelas.

Setelah rangkaian pemilihan dilaksanakan akhirnya terpilihlah siswa bernama Azmi Nuzul sebagai ketua OSIS terpilih periode 2018-2019. Dalam sambutannya Azmi mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh siswa dan siswi MTsN 5 Serang yang telah memberikannya amanat untuknya agar melanjutkan kepemimpinan OSIS di MTsN 5 Serang. Dia juga berharap dukungan kepada seluruh dewan guru serta siswa agar dapat membantu selama masa kepemimpinannya.

Sebelumnya Pembinaan Kepala dan Guru Madrasah Wilayah Kecamatan Cirinteun Kabupaten Lebak
Selanjutnya Lagi, lagi, dan lagi, MTsN 5 Serang Juara 1 Turnamen Volley Ball