ASRI DAN SEJUK ALAMI, DAMPAK PENGHIJAUAN DI MTsN 5 SERANG


Hidroponik MTsN 5 Serang

Puloampel (Humas Madrasah) – (13/2) Green School merupakan penataan lingkungan sekolah sehingga dapat menciptakan suasana yang asri, sejuk, bersih, sehat dan dapat mendukung proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
Lingkungan sekolah yang kondusif sangat diperlukan dalam menghasilkan proses belajar yang nyaman di lingkungan sekolah yang kondusif juga akan ikut mendorong terwujudnya pola hidup bermutu yang saat ini sangat diperlukan dalam meningkatkan produktivitas pendidikan.
Pentingnya penghijauan untuk mengurangi peristiwa global warming, penghijauan sangat penting bagi sekolah selain menyejukkan udara di sekitarnya dapat juga memperindah pemandangan.
Penghijauan tidak hanya menanam pohon, dengan membersihkan setiap ruangan dan lingkungan sekitar sekolah serta membuang sampah pada tempatnya juga termasuk penghijauan.
Kegiatan penghijauan ini juga tidak luput dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Serang dimana madrasah sangat diuntungkan dengan kontur tanah di atas gunung sehingga memberikan dampak positif untuk melakukan penghijauan.
Kegiatan penghijauan di madrasah ini dilakukan dengan cara menanam buah-buahan, sayur-sayuran, obat-obatan, bunga dan tanaman bermanfaat lainnya. Kegiatan penghijauan di MTs Negeri 5 Serang sudah dilakukan sejak dibagunnya Madrasah sehingga tumbuh-tumbuhan yang ditanam sudah berumur tua dan telah menghasilkan buah-buahan.
Guna melengkapi penghijauan, madrasah juga menanam tanaman bunga yang dapat memberikan hiburan secara natural kepada seluruh penghuni madrasah.
Kemudian yang saat ini sedang dilakukan adalah kegiatan menanam secara hidroponik di pelataran kelas di mana hasilnya akan dijual untuk kebutuhan sayur-mayur para guru dan staf madrasah, dan nantinya uang yang didapatkan akan menjadi kas kegiatan hidroponik di madrasah.
Kegiatan proses persiapan dan pelaksanaan penanaman pohon sawi tersebut dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 11 Januari 2018 waktu pukul 08.00 sampai dengan 08.30 WIB bertempat di pelataran depan kelas IX F Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Serang.
Foto: Jm
Red.: AS – Jm
Editor: Sg

Sebelumnya PELANTIKAN PENGURUS OSIS MTsN 5 SERANG PERIODE 2018/2019
Selanjutnya SURAT EDARAN HIMBAUAN UNTUK MENINGKATKAN HARMONISASI DAN KONDUSIFITAS KEHIDUPAN UMAT BERAGAMA DI PROVINSI BANTEN