Pembekalan Orientasi MATSAMA


Ciruas, Sabtu 15 Juli 2017 pukul 08.00 WIB, sebanyak 320 peserta didik baru kelas VII MTs Negeri 1 Serang berkumpul di lapangan upacara. Mereka akan mengikuti pembekalan Orientasi Masa Ta`aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) yang diselenggarakan oleh OSIS MTsN 1 Serang. Kegiatan pembekalan orientasi MATSAMA ini dilaksanakan sebelum peserta didik baru melaksanakan kegiatan MATSAMA  yang dijadwalkan berlangsung antara tanggal 17 – 19 Juli 2017. Dengan mengikuti pembekalan ini, diharapkan peserta didik baru bisa melaksanakan kegiatan MATSAMA dengan lancar dan sukses.

Acara pembekalan Orientasi MATSAMA tersebut dibuka oleh wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, Bpk. Sibli, S.Pd, MM. Dalam arahannya, beliau menyampaikan pentingnya acara pembekalan orientasi MATSAMA tersebut. Beliau mengharapkan, seluruh peserta didik baru  dapat mengikuti dan memperhatikan apa-apa yang disampaikan oleh para pemateri dan para mentor sebagai bekal yang sangat berguna selama mengikuti kegiatan MATSAMA  nanti. Masih Sibli agar seluruh siswa mengikuti kegiatan MATSAMA dengan  bersungguh-sungguh, disiplin, menjaga etika dan sopan santun dan menjaga keindahan lingkungan yang ada di madrasah.

Kita sekedar mengetahui saja, selama ini, MOS yang mungkin kita kenal dijadikan sebagai  ajang untuk tebar pesona siswa, dengan berbagai macam cara mulai dari yang positif hingga hal-hal yang negatif seperti ploncoan dan lain-lain.  Pada prinsipnya menunjukkan senioritas yang berlebihan. Pada kesempatan ini MATSAMA bukan ajang seperti yang tidak kita harapkan, seperti halnya kekerasan-kekerasan dalam lingkungan sekolah/madrasah. Kita senantiasa harus menjaga ini agar jangan sampai terjadi kekerasan dan kekerasan antar senioritas dan junioritas (siswa baru) semua ini  kita harus berupaya menghilangkan statement negatif akan kesan perploncoan yang akhir-akhir ini marak berkembang di dunia pendidikan.

Tujuan dari pembekalan orientasi ialah meningkatkan pemahaman siswa terhadap wawasan wiyatamandala madrasah, pengenalan kegiatan intra/ekstra kurikuler di MTs Negeri 1 Serang, memahami tata tertib yang berlaku di MTsN 1 Serang serta menghindari berbagai potensi permasalahan yang dapat menghambat pencapaian tujuan siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Terkait konsep di atas Syape`i selaku ketua pelaksana pada kegiatan ini menjelaskan pentingnya dilaksanakan pembekalan orientasi siswa baru (MATSAMA) diharapkan para peserta didik baru agar mempersipakan diri baik secara pisik maupun psikisnya karena lingkungan dan kondisi sosial yang mereka kenal pada saat di sekolah masing-masing akan berbeda pada saat ini. Selamat mengikuti kegiatan ….!

Kontributor: Aep Saepul Anwar (Humas MTsN 1 Serang)

Sebelumnya Hadiri Rapat Persiapan Serang Fair, Kemenag Kota Serang Agendakan Program Layanan Masyarakat
Selanjutnya Hari pertama masuk sekolah MTsN 5 Serang adakan acara Halal Bi Halal dan MATSAMA